Ikan Tongkol Rp 30.000 Sekilo

Written By Unknown on Selasa, 13 Agustus 2013 | 16.24

BANDA ACEH - Harga ikan tongkol pada hari ke empat pascalebaran di di Banda Aceh melambung tinggi yakni Rp 30.000 sekilo. Tingginya harga dipengaruhi cuaca buruk di mana para nelayan tidak melaut dalam beberapa hari terakhir.

Raja, salah seorang pedagang ikan di Pasar Peunayong mengatakan, hanya ada dua jenis ikan yang dijualnya, yaitu ikan gembung dan tongkol. "Untuk dua hari ini harga ikan lumayan tinggi. Ini disebabkan nelayan tidak melaut selama lebaran, lagi pun cuaca selama ini tidak menentu," ujarnya kepada Serambi, Senin (12/8).

Menurutnya, akibat cuaca buruk dan nelayan tidak melaut karena lebaran menyebabkan harga ikan naik, padahal sebelumnya ikan tongkol biasa dijual Rp 20.000 sekilo. .

Pedagang lainnya di Pasar Peunayong, Salam, menjelaskan, selama lebaran nelayan belum semuanya melaut, aktivitas melaut diyakininya akan kembali normal dalam beberapa hari ke depan. "Ya beginilah kita jual ikan seadanya, masih sangat sedikit tangkapan nelayan, akibatnya sejumlah ikan kita jual sedikit tinggi dari biasanya," jelasnya.

Dijelaskannya, bila pada hari-hari normal, ikan tongkol dijual Salam seharga Rp 20.000 per kilogram tapi untuk beberapa hari kemarin terpaksa dijual dengan harga Rp 30.000 sekilonya. Sedangkan ikan kembung bila pada hari biasa dijual seharga Rp 22.000 per kilonya sekarang Rp 27.000/Kg.

Pantauan Serambi, pasar ikan di kawasan Peunayong, belum semua pedagang berjualan. Aktivitas jual beli masih terlihat lengang. Hanya terlihat beberapa pedagang begitu juga dengan pembeli yang masih sepi mengunjungi pasar.

Seorang pembeli, Mina, mengaku bingung untuk membeli ikan apa, di samping harganya mahal juga dikarenakan belum banyak varian ikan yang dijual pedagang. "Sudah dari tadi keliling, bingung membeli ikan apa lagipun harganya sangat mahal. Jadi saya pilih ikan kembung saja yang sedikit lebih murah ketimbang tongkol," demikian tutup Mina.(ni)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ikan Tongkol Rp 30.000 Sekilo

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/08/ikan-tongkol-rp-30000-sekilo.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ikan Tongkol Rp 30.000 Sekilo

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ikan Tongkol Rp 30.000 Sekilo

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger