Hasil SBMPTN Diumumkan

Written By Unknown on Selasa, 09 Juli 2013 | 16.25

* Unsyiah Terima 2.053 Orang

BANDA ACEH - Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Unsyiah dan semua PTN lain di seluruh Indonesia yang semula dijadwalkan pada 12 Juli 2013 akhirnya dipercepat. Mulai Senin (8/7) malam, hasil ujian tulis tersebut sudah bisa diakses melalui website www.sbmptn.or.id atau unsyiah www.unsyiah.ac.id.

Khusus di Unsyiah, dari 12.291 lulusan SMA/sederajat yang mengikuti tes pada 18-19 Juni 2013, 2.053 orang di antaranya dinyatakan lulus melalui jalur itu. Mereka nanti akan ditampung di 52 program studi (prodi) yang ada. "Dari 2.053 orang yang diterima di Unsyiah, 1.841 orang di antaranya lulus melalui jalur reguler dan 212 orang lagi melalui jalur Bidikmisi," jelas Kepala Humas Unsyiah, Dr Ilham Maulana, kepada Serambi, kemarin.

Jadwal dan tatacara pendaftaran ulang bagi mereka yang dinyatakan lulus di Unsyiah, menurut Ilham, dapat dilihat website Unsyiah yaitu www.unsyiah.ac.id. Sebelumnya, lanjutnya, Unsyiah setelah melalui proses verifikasi dan versifikasi juga telah menerima 2.148 mahasiswa baru melalui jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Dalam SBMPTN tahun ini, sebutnya, peminat terbanyak adalah Prodi Ekonomi Manajemen, dan diikuti berturut-turut oleh Fakultas Kedokteran dan Informatika dengan nilai tertinggi di Fakultas Kedokteran. Kemudian dilanjutkan dengan Fakultas Kedokteran Gigi dan Teknik Pertambangan.

"Secara Provinsi untuk nilai siswa-siwi SMA, Aceh menduduki urutan Ke-23 baik untuk saintek dan soshum. Sebagai pembanding, tahun lalu Aceh di urutan Ke-29 atau nomor tiga terakhir. Sebagai pembanding lain di mana urutan 21, 22, dan 24 secara berurut diduduki oleh Provinsi Kalimatan Tengah, Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara," jelas Ilham yang juga dosen FMIPA Unsyiah.

Kepada lulusan SMA/sederajat yang ingin kuliah di Unsyiah, tapi tak lulus pada jalur SNMPTN (undangan-red) dan SBMPTN, Ilham Maulana menyatakan, masih punya satu kesempatan lagi yaitu mendaftar melalui jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT). "Jalur ini merupakan jalur mandiri yang dilakukan dalam sebuah konsorsium bersama 13 Perguruan Tinggi Negeri, enam Perguruan Tinggi Swasta Ternama, serta Program Internasional IDP (International Development Program)," jelas Ilham Maulana.

Disebutkan, pendaftaran dan pembayaran sudah dapat dilakukan secara online melalui http://www.spmb.or.id/ sejak 27 Mei hingga 19 Juli 2013. Ujian tulis jalur ini dilaksanakan 21 Juli mendatang dan pengumuman kelulusan pada 28 Juli 2013. "Dari jalur ini, Unsyiah akan menerima 20 persen dari total mahasiswa baru tahun 2013," pungkas Ilham Maulana.(jal)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hasil SBMPTN Diumumkan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/07/hasil-sbmptn-diumumkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hasil SBMPTN Diumumkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hasil SBMPTN Diumumkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger