Aceh Besar Juara Umum

Written By Unknown on Senin, 01 Juli 2013 | 16.24

* Gubernur Tutup MTQ Ke-31

SUBULUSSALAM - Kabupaten Aceh Besar keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-31 Tingkat Provinsi Aceh yang dilaksanakan di Kota Subulussalam sejak sepuluh hari lalu. Kemenangan Aceh Besar itu, tadi malam (30/6) diumumkan Ketua Dewan Hakim, Prof Tgk Azman Ismail MA bersama Sekretaris Usamah El-Madny sesaat sebelum Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah menutup MTQ Ke-31 di Lapangan Sada Kata, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Subulussalam, Desa Lae Oram, Kecamatan Simpang Kiri.

Prestasi puncak ini diraih Kabupaten Aceh Besar setelah kafilahnya memperoleh total nilai 54, mengungguli perolehan nilai Kafilah Aceh Utara yang hanya 45.  Sementara Kafilah Kota Subulussalam selaku tuan rumah menduduki peringkat ketiga, hanya mampu mengumpulkan nilai 39.

Selain mengumumkan tiga juara umum, dewan hakim juga mengumumkan sepuluh besar pemenang. Posisi keempat diraih Kafilah Aceh Timur, disusul Kota Lhokseumawe, Kota Banda Aceh, dan Pidie. Selanjutnya, peringkat delapan diduduki Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Tamiang, dan peringkat terakhir Kabupaten Pidie Jaya.

Ketua Sekretariat Panitia MTQ Ke-31 Aceh 2013, Rislizar Nas SAg kepada Serambi mengatakan, para pemenang MTQ selain berhak atas trofi dan piagam penghargaan, juga mendapat hadiah uang tunai.

Juara I memperoleh Rp 7,5 juta, juara II Rp 6 juta, dan juara III Rp 5 juta. Sedangkan juara harapan  berhak atas uang tunai Rp 3 juta untuk harapan I, Rp 2 juta harapan II, dan harapan III Rp 1 juta. Total hadiah uang yang disediakan panitia mencapai Rp 1,1 miliar.

 Gubernur tutup MTQ
Acara penutupan tadi malam diawali dengan parade 23 kontingen kabupaten/kota. Selanjutnya dilakukan pembacaan pemenang, oleh dewan hakim secara bergantian. Tepuk tangan bergemuruh, begitu utusan Kota Subulussalam disebutkan sebagai pemenang dalam beberapa cabang lomba.

Piala bergilir juara umum diserahkan oleh Gubernur Zaini Abdullah kepada Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah. Sebelumnya piala itu berada di Aceh Tamiang, sebagai juara umum MTQ Aceh Ke-30.

Dalam sambutannya, Gubernur Zaini menyampaikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan MTQ Aceh di Kota Subulussalam ini. "Saya ucapkan selamat kepada seluruh pemenang. Prestasi yang telah diraih tingkatkan terus, sehingga dapat menjadi duta dan mengharumkan nama Aceh, tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga di tingkat internasional," kata Gubernur Zaini.

Gubernur berharap agar seluruh peserta yang berhasil keluar sebagai Juara I dalam MTQ kali ini mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional yang akan digelar di Provinsi Bangka Belitung pada 22-30 Agustus 2013. Ia ingatkan agar pelaksanaan MTQ jangan hanya diukur dari prestasi kejuaraan semata, tetapi juga sisi output-nya, yakni harus mampu memberi hikmah dan nilai tambah dalam peningkatan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai Alquran bagi masyarakat Aceh. "Benar-benar sebagai ikhtiar dalam mewujudkan kesadaran spiritual kolektif, melahirkan masyarakat berakhlakul karimah," ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Subulussalam Merah Sakti, di awal sambutanya meminta kontingennya terus belajar. "Nanti dalam MTQ Ke-32 juara umum kita upayakan rebut dari Aceh Besar," kata Sakti. Menurutnya, pelaksanaan MTQ telah membawa berkah dengan terbangunnya arena yang megah. Jalan dua jalur serta lampu terang benderang. MTQ juga telah melahirkan suasana baru, penuh kekeluargaan, dan tumbuhnya perekonomian, berupa lapak-lapak dagang. "Alhamdulillah, pelaksanaan MTQ berjalan sukses. Bila ada koreksi, kami tidak sakit hati. Ini demi kebaikan kami agar ke depan bisa bersanding dengan daerah lain di Aceh," kata Merah Sakti.

Selaku Ketua Panitia MTQ, Merah Sakti meminta Pemerintah Aceh membantu pembangunan Masjid Agung Subulussalam. Kemudian meminta bantuan rumah untuk masyarakat yang tidak mampu, mengatasi kerusakan akibat banjir 2012, serta pabrik minyak goreng jangan dipindahkan, karena itu merupakan perjuangan masyarakat Subulussalam.

Usai penutupan, diisi dengan pembagian piala kepada pemenang diselingi pergelaran kesenian gambus dan tarian kolosal. Penutupan juga diisi dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh  qari dan qariah terbaik golongan dewasa, yakni Taqdir Feriza SPdI utusan Kabupaten Aceh Besar dan Rosmayani utusan Aceh Tamiang.

Hadir dalam acara penutupan tadi malam, antara lain, Ketua DPRA Hasbi Abdullah, Danrem 012 Teuku Umar, Kadis Syariat Islam Aceh, Anggota DPR RI Fraksi PKS H Raihan Iskandar Lc, beberapa bupati dan wali kota se-Aceh. (c39/kh)

peringkat juara mtq ke-31 aceh
1.    Aceh Besar nilai 54
2.    Aceh Utara nilai 45
3.    Subulussalam nilai 39
4.    Aceh Timur nilai 32
5.    Lhokseumawe nilai 27
6.    Banda Aceh nilai 25
7.    Pidie nilai 18
8.    Aceh Selatan nilai 16
9.    Aceh Tamiang nilai 16
10.    Pidie Jaya nilai 14

Cabang Tilawah
1. Golongan Dewasa: Qari terbaik I, Taqdir Feriza SPdI (Aceh Besar), qariah terbaik I, Rosmayani (Aceh Tamiang)
2. Golongan Remaja: Qari terbaik I, Miskardi (Aceh Selatan), qariah terbaik I, Walia Mursyida (Aceh Selatan)
3. Golongan Anak-anak: Qari terbaik I, Haikal Khalilullah (Kota Banda Aceh), qariah terbaik I, Dhea Fauzia (Bireuen)
4. Golongan Cacat Netra: Qari terbaik I, Teuku Zulkarnain (Aceh Barat), qariah terbaik I, Syifaur Rahmah (Kota Lhokseumawe)
5. Golongan Qira'at Sab'ah: Qari terbaik I, Ikhsan (Pidie), Qariah Nurul Hayati (Aceh Tamiang)
6. Golongan Tartil: Qari terbaik I, Zaqiul Maula (Lhokseumawe), Qariah terbaik I, Khairani (Lhokseumawe)

Cabang Hifzil
1. Golongan 1 Juz dan Tilawah: Qari terbaik I, M Rajul Fuzari (Aceh Besar), qariah terbaik I, Tata Siska Marlinda (Pidie Jaya)
2. Golongan 5 Juz dan Tilawah: Qari terbaik I, Zulmi Aziz (Langsa), qariah terbaik I, Hikmatul Husna (Aceh Timur)
3. Golongan 10 Juz: Qari terbaik I, Fakkar (Aceh Besar), qariah terbaik I, Mauliza Juliantika (Lhokseumawe)
4. Golongan 20 Juz: Qari terbaik I, Zubirani (Aceh Jaya), qariah terbaik I, Aqmarina Asarah (Aceh Besar)
5. Golongan 30 Juz: Qari terbaik I, Muhammad Abrar (Aceh Besar), qariah terbaik I, Asmaul Husna (Aceh Utara)

Cabang Tafsir
1. Golongan Bahasa Arab: peserta terbaik I putra, M Ikram Abdul Aziz  (Subulussalam), peserta terbaik I putri, Gusti Araini (Subulussalam)
2. Golongan Bahasa Indonesia: peserta terbaik I putra, Muhammad Ikhwan (Aceh Besar), peserta terbaik I putri, Riza Wahyuni (Aceh Utara)
3. Golongan Bahasa Inggris:  peserta terbaik I putra, Khaidir Azwar  (Aceh Timur), peserta terbaik I putri, Nurul Husna (Aceh Timur)

Cabang Fahmil
1. Peserta terbaik putra, Aceh Utara (nilai 1.025)
2. Peserta terbaik putri, Aceh Besar (nilai 1.150)

Cabang Syarhil Quran
1. Peserta terbaik, Aceh Besar (nilai 84,75)

Cabang Kaligrafi (Khattil Quran)
1. Golongan naskah putra, Zekki Zulkarnaini (Subulussalam nilai 91)
2. Golongan naskah putri, Azlina (Aceh Utara nilai 88)
3. Golongan naskah musahaf putra, Kadarisman (Aceh Utara nilai 93)
4. Golongan naskah putri, Nisfa Zuwita (Banda Aceh nilai 90)
5. Golongan dekorasi putra, Fakhrullah (Aceh Timur nilai 93)
6. Golongan dekorasi putri, Rahmawati (Pidie Jaya nilai 90)

Cabang M2IQ
1. Peserta terbaik putra, Tuanku Muhammad (Subulussalam nilai 95,4)
2. Peserta terbaik putri, Erlindawati (Subulussalam 97,1)


Anda sedang membaca artikel tentang

Aceh Besar Juara Umum

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/07/aceh-besar-juara-umum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Aceh Besar Juara Umum

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Aceh Besar Juara Umum

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger