15 Calon KIP Aceh Utara Ikut Uji Baca Quran

Written By Unknown on Selasa, 18 Juni 2013 | 16.25

Selasa, 18 Juni 2013 15:23 WIB

* Aceh Tengah Tahap Ujian Tulis

LHOKSEUMAWE - Komisi A DPRK Aceh Utara, Senin (17/6) mengadakan uji baca quran bagi 15 calon Komisi Independen Independen (KIP) Aceh Utara periode 2013-2018. Para calon ini merupakan telah melewati hasil seleksi di tingkat panitia seleksi (pansel). Dalam uji baca quran itu komisi A menghadirkan tiga dewan juri dari Himpunan para Qari-Qariah (Hipqah), Aceh Utara.

Ketua Komisi A DPRK Aceh Utara Amiruddin B kepada Serambi kemarin mengatakan, uji tersebut diadakan untuk menguji kemampuan calon KIP dalam membaca Quran. "Kita libatkan dewan juri dari lembaga lain supaya hasilnya lebih objektif nantinya dan tidak timbul kecurigaan. Dari 15 yang mengikuti hanya 10 orang yang dijaring untuk mengikuti fit and propertest," kata dia.

Disebutkan, fit and propertest (uji kepatutan dan kelayakan) akan diadakan pada, Jumat (21/6) di gedung DPRK setempat. "Nanti setelah uji tersebut akan ditetapkan lima orang sebagai komisioner kip dan lima lagi sebagai cadangan. Kami targetkan Juni ini proses perekrutan kip bisa selesai," katanya.

Juri uji baca Quran, Drs Tgk Tgk Ismail Walhi kepada Serambi mengatakan, semua calon KIP yang mengikuti uji baca Quran mampu membacanya. Namun, kemampuan mereka berbeda-beda. "Nanti hasilnya akan kami sampaikan kepada Komisi A, tentunya nilai bervariasi sesuai kemampuan mereka," katanya.

Sementara di Aceh Tengah, sebanyak 60 calon anggota KIP setempat, mengikuti ujian tulis di ruang sidang DPRK Aceh Tengah, Senin (17/6). Dari jumlah tersebut, satu peserta yang lolos tahap sebelumnya tidak hadir mengikuti ujian ini.

Ketua Tim Independen Penjaringan Anggota KIP Aceh Tengah Hirma Astuty SH MH mengatakan, ujian berlangsung tertib sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.40 WIB. Para peserta diberikan soal pilihan ganda sebanyak 75 soal dan lima esai. "Sebelumnya peserta yang lolos administrasi sebanyakak 61 orang. Tapi satu orang tidak hadir, alasannya karena ada musibah keluarga," kata Hirma.

Dikatakan, Tim Independen Panitia Penjaringan Anggota KIP akan memeriksa hasil ujian selama tiga hari. Selanjutnya akan diumumkan 30 orang yang lolos dan berhak mengikuti tahapan berikutnya. "Setelah ada nama-nama yang lolos, kita akan gelar tes mampu baca Alquran pada 2 Juli 2013. Pada masa sebelum itu kita akan menghimpun informasi dari publik tentang nama-nama yang kita umumkan nanti. Selanjutnya peserta akan masuk tahap tes wawancara," kata Hirma Astuty.(c37/gun)


Anda sedang membaca artikel tentang

15 Calon KIP Aceh Utara Ikut Uji Baca Quran

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/06/15-calon-kip-aceh-utara-ikut-uji-baca.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

15 Calon KIP Aceh Utara Ikut Uji Baca Quran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

15 Calon KIP Aceh Utara Ikut Uji Baca Quran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger