Walhi: DAS di Aceh Rusak Parah

Written By Unknown on Rabu, 08 Mei 2013 | 16.24

Rabu, 8 Mei 2013 15:16 WIB

BANDA ACEH - Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan hidup (Walhi) Aceh Teuku Muhammad Zulfikar mengatakan saat ini hampir seluruh wilayah daerah aliran sungai (DAS) di Aceh telah mengalami kerusakan parah sehingga memicu terjadinya banjir di sejumlah daerah.

"Salah satu penyebab terjadinya banjir adalah tidak konsistennya upaya konservasi hutan dan DAS yang dilakukan baik oleh masyarakat itu sendiri terlebih oleh Pemerintah Daerah," tegas Zulfikar kepada Serambi di Banda Aceh, Selasa (7/5).

Menurutnya berbagai bencana yang terjadi akhir-akhir ini secara beruntun di Aceh diakibatkan penggunaan tata ruang yang tidak mengindahkan kemampuan dan daya dukung lingkungan, sehingga  menyebabkan akumulasi kerusakan yang terjadi terus menerus dan menyebabkan terjadinya bencana.

"Untuk itu seharusnya penyusunan RTRW Aceh penting untuk melakukan pendekatan pada pengelolaan ekosistem, daerah aliran sungai dan bencana. Sehingga sebagai satu kesatuan ekosistem, managemen terpadu pengelolaan DAS dengan bertumpu pada bencana sebagai aspek penyusun tata ruang dapat diterapkan," tegasnya.

Dia sebutkan kerusahan para DAS di Aceh antara lain diakibatkan masih maraknya berbagai perambahan hutan dan penebangan kayu ilegal. Termasuk konversi lahan baik untuk kepentingan perkebunan skala besar maupun pertambangan, baik skala kecil maupu besar yang sangat ekstraktif.(sar)


Anda sedang membaca artikel tentang

Walhi: DAS di Aceh Rusak Parah

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/05/walhi-das-di-aceh-rusak-parah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Walhi: DAS di Aceh Rusak Parah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Walhi: DAS di Aceh Rusak Parah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger