Bawaslu Ingatkan Potensi Manipulasi Data Caleg

Written By Unknown on Rabu, 01 Mei 2013 | 16.24

Rabu, 1 Mei 2013 15:30 WIB

BANDA ACEH - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh mengingatkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh terkait besarnya potensi terjadi manipulasi data dalam proses pencalonan anggota legislatif dari partai politik peserta pemilu 2014.

"Kita mencermati dari pengalaman yang pernah kita tangani potensi terjadi manipulasi data pencalonan sangat mungkin terjadi. Karenanya kami mengimbau pihak KIP dapat lebih berhati-hati dalam menyeleksi berkas caleg," ujar Ketua Bawaslu Aceh Asqalani kepada Serambi di Banda Aceh, Selasa (30/4).

Menurutnya, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan pihak KIP dalam memverifikasi berkas calon. Di antaranya terkait keabsahan ijazah berserta lembaga pendidikan yang mengeluarkannya, surat keterangan tidak pernah dipidana dan surat keterangan berkelakuan baik dari pihak kepolisian.

Asqalani menyebutkan tim verifikasi berkas caleg yang dibentuk KIP harus fokus dalam melihat lebih detil berkas yang dilampirkan setiap calon. Bercermin dari pengalaman Pemilu 2009, kata dia, ada calon yang ditemukan melakukan tindakan manipulasi terhadap beberapa surat dan berkas persyaratan. "Kita harapkan soal ini menjadi fokus KIP," ungkapnya.

Dijelaskan pihaknya juga sudah melayangkan surat kepada KIP Aceh untuk meminta copian berkas calon untuk dimiliki Bawaslu sebagai bagian dari upaya pengawasan.

Selain itu, kata Alsqalani, pihak Bawaslu juga sudah mulai melakukan pengawasan terhadap tahapan pemilu di Aceh, termasuk tes baca Alquran sejak 27-29 April. Sejauh ini, kata Asqalani, pihaknya belum menerima satu pun laporan dan komplain dari bacaleg terkait hasil uji baca Alquran. "Kita berharap juga bisa mendapat hasilnya," tegasnya.

Menurut Asqalani sejak dilantik pihaknya terus melakukan berbagai langkah konsolidasi internal dalam rangka penguatan kapasitas Bawaslu. Termasuk membangun komunikasi dengan beberapa stakeholder seperti Kejati, Polisi, DPRA, dan Gubernur.

Namun demikian, kata dia, untuk pengawasan di kabupaten/kota Asqalani mengakui belum dapat berjalan maksimal karena di kabupaten/kota belum terbentuk Bawaslu. "Kita sedang berupaya ke arah itu. Saat ini kita tengah membahas dan menyusun rencana kegiatan dan program serta penganggaran," ujarnya.(sar)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bawaslu Ingatkan Potensi Manipulasi Data Caleg

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/05/bawaslu-ingatkan-potensi-manipulasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bawaslu Ingatkan Potensi Manipulasi Data Caleg

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bawaslu Ingatkan Potensi Manipulasi Data Caleg

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger