Dinas Pertanian Akan Bangun Bengkel Alat Pertanian

Written By Unknown on Senin, 29 April 2013 | 16.24

Senin, 29 April 2013 14:30 WIB

* Lokasi Indrapuri, Tapaktuan dan Kutacane

BANDA ACEH - Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh pada tahun anggaran 2013 ini akan membuka workshop (bengkel) dan jasa penyewaan alat pertanian moderen di tiga wilayah, meliputi daerah timur-utara, tengah-barat dan selatan Aceh.

"Untuk mendukung program itu, melalui sumber dana APBA 2013 kita sudah mengontrakkan pengadaan 39 unit traktor rotary, 20 unit traktor tangan, 40 unit tresher, 6 unit alat pemotong padi, 46 unit mesin perontok jagung dan peralatan pascapanen," kata Kepala Dinas Pertanian Aceh, Ir Razaly Adami MP kepada Serambi Minggu (28/4).

Ia mengaku kalau sistem pengadaan yang dilakukan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Produsen dan distributor alat pertanian modern yang menjual produknya ke Aceh diwajibkan membuka bengkel dan suku cadang di tiga wilayah tempat bengkel tersebut dibuka.

"Untuk wilayah timur-utara Aceh, lokasi bengkel kerja direncanakan di Kecamatan Indrapuri, wilayah pantai barat selatan di Tapaktuan, dan wilayah tengah di Kutacane," sebutnya.

Dengan demikian, jika peralatan yang dibeli kemudian mengalami kerusakan, maka sudah bengkel resmi tempat melakukan perbaikan. "Jadi program mekanisasi peralatan pertanian untuk peningkatan produksi pangan di Aceh, serta nilai tambah dan penghasilan petani, harus dilakukan secara terpadu dan dimulai dari hulu sampai kepada hilirnya," ujarnya.

Alat mekanisasi tersebut akan didistribusikan secara adil untuk ditempatkan tiga lokasi workshop di tiga wilayah tersebut. Untuk mengoperasikan mesin dimaksud, dinas akan membentuk tiga usaha kelompok kerja yang akan mengelolanya dan menyewakannya kepada kelompok tani.

Ketua Tim P2K APBA Setda Aceh, dr Taqwallah mengatakan, kontrak pengadaan peralatan pertanian untuk mendukung program mekanisasi pertanian telah dilakukan. Langkah berikutnya adalah meyakinkan produsen dan distributor agar mau menempatkan mekaniknya di tiga lokasi bengkel yang akan dibuka.

"Perjanjiaan penyediaan mekanik mesin pertanian dan suku cadang alat pertanian yang dibeli untuk ditempatkan di tiga lokasi workshop sangat penting, untuk menjadi jaminan dan penyemangat terhadap program mekanisasi peralatan pertanian di Aceh bisa berjalan secara rutin," ujarnya.(her)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dinas Pertanian Akan Bangun Bengkel Alat Pertanian

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/04/dinas-pertanian-akan-bangun-bengkel.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dinas Pertanian Akan Bangun Bengkel Alat Pertanian

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dinas Pertanian Akan Bangun Bengkel Alat Pertanian

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger