18 Perempuan Pidie Ikut Seleksi Caleg PNA

Written By Unknown on Jumat, 12 April 2013 | 16.24

Jumat, 12 April 2013 14:03 WIB

SIGLI - Sebanyak 18 orang perempuan di Kabupaten Pidie mengikuti seleksi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Partai Nasional Aceh (PNA) Pidie, di Sigli, Kamis (11/4). Mereka merupakan bagian dari 50 bakal caleg yang mendaftar ke PNA Pidie. Seleksi caleg yang melibatkan pengurus pusat (DPP) PNA ini juga berlangsung di Kabupaten Nagan Raya.

Di Sigli, proses seleksi 50 lebih pendaftar bakal caleg dilakukan pihak PNA bekerja sama dengan dosen Universitas Jabal Ghafur (Unigha) Sigli, serta tokoh ulama. "Ada empat macam yang kita nilai dalam seleksi bakal caleg PNA. Yakni, tes uji kelayakan (fit and propertest), loyalitas, integritas, kapasitas, dan memiliki kemampuan bicara di depan publik. Upaya itu kami lakukan agar caleg PNA menjadi caleg yang lebih maju saat menjadi wakil rakyat di DPRK," kata Jubir DPP PNA Pusat, Thamren Ananda, kepada Serambi, di Sigli, Kamis (11/4).

Menurut dia, jumlah bakal caleg PNA sudah lebih dari kuota, termasuk aturan terpenuhi 30 persen caleg perempuan. Mereka akan diseleksi secara independen oleh tim penjaringan yang telah dibentuk. Thamren juga memastikan proses seleksi dilakukan secara transparan, dan kesempatan yang sama bagi semua orang yang telah mendaftar.

Namun, ada syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk menjadi caleg PNA, yakni harus mampu membaca Alquran. Syarat bisa membaca Alquran ini juga masuk dalam persyaratan yang telah ditetapkan KIP. "Kita akan menolak yang tidak bisa membaca Alquran. Karena kalau pun kita luluskan nanti pasti akan digagalkan oleh KIP. Malu kita, orang Aceh tidak pandai baca Quran," kata Thamren.

Sementara di Nagan Raya, Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Aceh (DPP-PNA) sepanjang Kamis (11/4) kemarin melaksanakan seleksi terhadap 25 orang bakal calon anggota legislatif di Sekretariat PNA Nagan Raya, Desa Simpang Peut, Kecamatan Kuala.

Ketua III DPP PNA Aceh, Miswar Fuadi didampingi Ketua DPW PNA Nagan Raya, T Cut Man kepada Serambi mengatakan, seleksi bacaleg yang dilakukan itu guna memantapkan kader partai yang akan bertarung pada Pemilu Legislatif yang akan berlangsung pada tahun 2014 mendatang. Materi tes yang dilaksanakan itu, kata Miswar, meliputi lima hal yakni, loyalitas, kapasitas, kontribusi, popularitas, serta elektabilitas.(naz/edi)

Pembekalan Selama Satu Tahun
JUBIR DPP PNA Pusat, Thamren Ananda menyatakan, bakal caleg yang lulus dalam seleksi nantinya akan mengikuti pembekalan tentang berbagai hal terkait dengan politik, kemampuan berbicara di depan publik, serta strategi memperjuangkan aspirasi rakyat di parlemen. Pembekalan ini, kata Thamren, akan berlangsung dalam kurun waktu selama satu tahun mendatang.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua III DPP PNA Aceh, Miswar Fuadi di sela-sela seleksi bakal caleg PNA di Kabupaten Nagan Raya, Kamis (11/4) kemarin. "Semua peserta yang dites ini nantinya juga akan dibekali dengan sejumlah pelatihan, sehingga diharapkan ketika masa kampanye tiba semuanya telah siap untuk berkompetisi untuk meraih kursi di DPRK Nagan Raya," katanya.

Sementara itu, Ketua DPW PNA Nagan Raya, T Cut Man berharap, seleksi terhadap 25 orang bakal caleg dari kalangan PNA di Nagan Raya itu akan memberikan kontribusi positif terhadap para kader partai, guna memenangkan pertarungan dalam pesta demokrasi tahun depan bersama sejumlah partai nasional maupun partai lokal yang ada di Aceh.(naz/edi)


Anda sedang membaca artikel tentang

18 Perempuan Pidie Ikut Seleksi Caleg PNA

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/04/18-perempuan-pidie-ikut-seleksi-caleg.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

18 Perempuan Pidie Ikut Seleksi Caleg PNA

namun jangan lupa untuk meletakkan link

18 Perempuan Pidie Ikut Seleksi Caleg PNA

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger