Soelthan Latih Peracik Kopi

Written By Unknown on Rabu, 27 Maret 2013 | 16.24

Rabu, 27 Maret 2013 13:47 WIB

BANDA ACEH - Untuk meningkatkan citra Kopi Aceh dan sumber daya manusia yang terampil meracik kopi (barista) di coffee shop dan warung kopi, Soelthan Koffie akan melatih peracik kopi dengan menggunakan peralatan modern.

Pengusaha Soelthan Koffie yang juga pemilik Nacha Cafe Banda Aceh, Dedy T Zaymi, kepada Serambi menjelaskan, pelatihan selama tiga hari itu merupakan yang pertama kali di Aceh. "Kita berharap barista ini mampu meningkatkan kapasitas tenaga kerja peracik kopi modern di tingkat nasional dan dunia," katanya.

Sebagai daerah penghasil kopi Arabika terbaik di dunia, pelatihan ini diharapkan mampu memposisikan agrowisata kopi sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan sekaligus mengembangkan kuliner kopi sebagai life style yang menjadi bagian dari ekonomi kreatif.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Adami Umar, mengatakan, Aceh sebagai daerah penghasil kopi terbesar dan terkenal di dunia dengan cita rasa dan aroma, keunikan dalam mengolah dan menyajikannya. "Kini saatnya kita gencar mempromosikan branding kopi Aceh seperti kopi luwak, kopi arabika gayo, kopi saring dan kopi tubruk hingga lebih populer di masyarakat dunia," katanya.

Data  terakhir memperkirakan 100 miliar cangkir atau sekitar 165,9 ton kopi diseduh setiap hari di seluruh dunia. Sementara di Indonesia jumlah kebutuhan  kopi diperkirakan mencapai 121.107 ton per tahun.  

Dalam ajang Aceh Barista Course 2013 di Hotel Sulthan Internasional Banda Aceh, 29-31 Maret akan diperkenalkan tata cara penyeduhan kopi  sebagai produk unggulan usaha warung kopi, di antaranya Espresso, Capucinno, Machiato, Mocha dan Latte Art.(sir)


Anda sedang membaca artikel tentang

Soelthan Latih Peracik Kopi

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/03/soelthan-latih-peracik-kopi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Soelthan Latih Peracik Kopi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Soelthan Latih Peracik Kopi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger