Kapolres: Pembukaan Lahan Sawit di Mila Rawan Konflik Sosial

Written By Unknown on Minggu, 17 Maret 2013 | 16.24

Minggu, 17 Maret 2013 12:22 WIB

SIGLI - Kapolres Pidie AKBP Dumadi SStMK melalui Kasat Intelkam AKP Apriadi mengatakan, pembukaan lahan sawit di Kecamatan Mila rawan terjadi konflik sosial. Sebab, sebelumnya pembukaan lahan itu untuk ditanami karet, tapi belakangan ditanami sawit.

"Kami khawatir akan terjadi konflik sosial nanti, jika masalah pembukaan lahan sawit di Mila tidak diselesaikan sejak sekarang," katanya di sela-sela kegiatan silaturrahmi komisi A DPRK Pidie di ruang kerja Kapolres Pidie, Sabtu (16/3).

Kata Apriadi, pembukaan lahan tersebut dinilai tidak sesuai dengan izin pembukaan lahan yang diajukan sejak awal. Dimana pembukaan lahan tersebut diberikan izin untuk pembukaan kebun karet, tetapi realisasi di lapangan diganti dengan lahan untuk ditanami sawit.

Akibatnya, hingga kini masyarakat setempat merasa keberatan dengan pembukaan lahan sawit tersebut. Untuk itu, DPRK Pidie diminta supaya segera menyelesaikan masalah izin tersebut, sebelum terjadi konflik antar masyarakat.

Hal senada dilontarkan unsur Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Jabal Everest Unigha dan Front Mahasiswa Anti Sawit Pidie (FMASP), Zian Mustaqim. Katanya, pembukaan lahan sawit di Mila harus dihentikan karena aka mengurangi debit air di dasar aliran sungai (DAS), menyusul tumbuhan tersebut banyak menyerap air. Tak hanya itu, bisa mencemarkan air DAS Mila. "Pemkab harus menghentikannya karena tidak sesuai dengan struktur tanah," kata Zian.(naz)      

Kami Akan Duduk Kembali
Ketua Komis A DPRK Pidie, Mahfuddin Ismail, mengatakan dewan akan duduk kembali bersama pihak eksekutif untuk membicarakan soal lahan sawit tersebut. Apalagi, kata politisi Partai Aceh itu, beberapa minggu lalu masyarakat Mila telah mendatangi DPRK Pidie dan meminta agar aktivitas pembukaan lahan sawit dihentikan. "Kami akan duduk kembali dengan Pemkab membahas pembukaan lahan sawit," kata Mahfuddin dalam peretemuan di Mapolres Pidie kemarin.(naz)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kapolres: Pembukaan Lahan Sawit di Mila Rawan Konflik Sosial

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/03/kapolres-pembukaan-lahan-sawit-di-mila.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kapolres: Pembukaan Lahan Sawit di Mila Rawan Konflik Sosial

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kapolres: Pembukaan Lahan Sawit di Mila Rawan Konflik Sosial

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger