Jamaah Keluhkan Tempat Tinggal di Mekkah

Written By Unknown on Rabu, 06 Februari 2013 | 16.24

Rabu, 6 Februari 2013 12:21 WIB

* Terungkap dalam Evaluasi Pelaksanaan Haji 2012

BANDA ACEH - Jamaah haji Aceh tahun 2012 mengeluhkan tempat tinggal di Mekkah yang sangat jauh dari Masjidil Haram. Jamaah juga mempersoalkan transportasi yang disediakan tidak memadai. Sehingga jamaah haji harus berdesakan dan ada yang cedera saat berebutan naik bus. Keluhan ini mengemuka dalam rapat evaluasi pelaksanaan ibadah haji tahun 2012 di Asrama Haji Banda Aceh, Selasa (5/2).

Informasi yang diperoleh Serambi, mayoritas jamaah haji Aceh pada tahun 2012 ditempatkan pada pemondokan antara 1-2 kilometer dari Masjidil Haram. Jamaah yang tak kebagian transportasi harus berjalan kaki menuju masjid.  

Pertemuan itu dipimpin Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji  (PPIH) Embarkasi Banda Aceh, Drs H Ibnu Sa'dan MPd. Ia didampingi Sekretaris PPIH Drs HM Daud Pakeh, kakankemenag dan kasi haji dari kabupaten/kota, serta sejumlah unsur lainnya.

Yusmini, jamaah asal Banda Aceh berharap tempat tinggal jamaah Aceh di masa mendatang lebih dekat dengan Masjidil Haram dan sarana transportasi yang disediakan untuk jamaah harus memadai.

Laporan lain terkait calo DAM (hewan yang dibeli di Mekkah untuk membayar denda karena tertinggal syarat haji). Calo beroperasi saat jamaah calon haji (JCH) di tanah air. Mereka menawarkan jasa pada JCH untuk membeli DAM dengan harga tak wajar. Penertiban calo DAM oleh Iskandar. Ia minta Kemenag menertibkan calo-calo DAM yang jauh hari bekerja sewaktu jamaah calon haji masih di tanah air.

Sumber Serambi di kalangan jamaah haji tahun 2012 mengakui adanya calo DAM. "Harga untuk satu ekor Domba di Mekkah sekitar 250 sampai 300 rial atau setara 600 sampai 800 ribu rupiah. Tapi, calo biasanya meminta 400 sampai 450 rial atau satu samapi 1,5 juta rupiah," ujar jamaah haji tahun 2012.

Hal lain yang harus dikikis, saran Kakankemenag Aceh Jaya, Drs Amiruddin MA, pada kesan yang dikembangkan jauh-jauh pada jamaah haji bahwa ibadah haji sangat berat. Peserta lain menyarankan Pemerintah Aceh juga ikut menyediakan makanan untuk jamaah haji selama di Mekkah.(rel/swa)


Anda sedang membaca artikel tentang

Jamaah Keluhkan Tempat Tinggal di Mekkah

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/02/jamaah-keluhkan-tempat-tinggal-di-mekkah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jamaah Keluhkan Tempat Tinggal di Mekkah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jamaah Keluhkan Tempat Tinggal di Mekkah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger