Hari Ini Warga Aceh Selatan Pilih Bupati

Written By Unknown on Sabtu, 26 Januari 2013 | 16.24

TAPAKTUAN - Sebanyak 147.862 pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) yang tersebar dalam 18 kecamatan, pagi ini, Sabtu (26/1) menuju ke 395 tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih bupati/wakil bupati Aceh Selatan periode 2013-2018. Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Herman Effendi bersama Ketua Bawaslu Pusat, DR Muhammad memantau langsung pilkada di negeri penghasil pala tersebut.

Seperti diketahui, Pilkada Aceh Selatan diikuti enam pasangan cabup/cawabup, yaitu nomor urut 1, Hasmar Yulia SPd/Mudasir SKom (Gempar), nomor urut 2 Muhammad Saleh P SPdi/Ir H Ridwan A Rachman MMT (SAMAN), nomor urut 3 HT Sama Indra SH/Kamarsyah SSos MM (SAKA), nomor urut 4 Drs H T Darisman/Khaidir Amin SE (DK), nomor urut 5 Muhammad Natsir/Zulkifli (Wapang), dan nomor urut 6 Wahyu M Waly Putra SH/Irwan SE MSi (Wali).

Berdasarkan berita acara hasil rapat pleno KIP Nomor 19/BA/KIP/XII/2012 yang diperoleh Serambi beberapa waktu lalu dirincikan, jumlah DPT di Kecamatan Labuhan Haji Barat 11.345, Labuhan Haji 8.796, Labuhan Haji Timur 7.047, Meukek 14.493, Sawang 10.420, Samadua 11.167, Tapaktuan 15.091, Pasie Raja 11.003, Kluet Utara 16.656, Kluet Tengah 4.636, Kluet Timur 6.272, Kluet Selatan 8.739, Bakongan 3.512, Kota Bahagia 4.044, Bakongan Timur 3.696, Trumon 2.811, Trumon Tengah 3.613, dan Trumon Timur 4.521.

Sedangkan TPS tersebar di 18 kecamatan dengan rincian di Labuhan Haji Barat 29 TPS, Labuhan Haji 25 TPS, Labuhan Haji Timur 17, Meukek 35 TPS, Sawang 28 TPS, Samadua 33 TPS, Tapaktuan 36 TPS, Pasie Raja 29 TPS, Kluet Utara 38 TPS, Kluet Tengah 14 TPS, Kluet Timur 15 TPS, Kluet Selatan 25 TPS, Bakongan 9 TPS, Kota Bahagia 14 TPS, Bakongan Timur 11 TPS, Trumon 13 TPS, Trumon Tengah 11 TPS, dan Trumon Timur 13 TPS.

 Hati nurani
Ketua KIP Aceh, Abd Salam Poroh kepada Serambi di Banda Aceh, Jumat (25/1) berharap masyarakat Aceh Selatan dapat menggunakan hal pilih sesuai hati nurani masing-masing. "Saya berharap partisipasi masyarakat dalam pilkada ini lebih banyak, sehingga nantinya pemimpin yang terpilih memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi," kata Salam Poroh.

Salam Poroh menampik isu yang mengatakan Pilkada Aceh Selatan akan ditunda. "Tidak ada penundaan. Kita sudah perintahkan KIP Aceh Selatan tetap melaksanakan pemungutan suara hari Sabtu 26 Januari 2013. Kita juga sudah tugaskan tiga Komisioner KIP Aceh untuk memantau langsung pemungutan suara yang akan berlangsung secara serentak," kata Poroh. Ketiga Komisioner KIP Aceh yang ditugaskan ke Aceh Selatan masing-masing Akmal Abzal, Robby Sahputra, dan Yarwin Adi Darma.

 Dipantau Kapolda
Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Herman Effendi tiba di Tapaktuan, ibu kota Aceh Selatan pada Kamis (24/1) malam. Sedangkan Jumat kemarin, Ketua Bawaslu Pusat juga tiba di Tapaktuan.

Pada Jumat kemarin Kapolda Aceh didampingi Kapolres Aceh Selatan, AKBP Sigit Sujatmiko SH SIK beserta pejabat/pamen Polda Aceh berkunjung ke Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan. Kapolda dan rombongan disambut Ketua KIP Aceh Selatan, Lian Azwin bersama tiga komisioner, Jasmiadi Jakfar Msi, Irwandi SP MP, dan Suhaimi Salihin SAg serta Sekretaris KIP Aceh Selatan, Tahta Amarullah SSTP.

"Pengamanan untuk Pilkada Aceh Selatan sudah siap. Saya sudah cek pergeseran personel pengamanan dan distribusi logistik juga sudah dilaksanakan dengan baik," kata Kapolda Aceh kepada wartawan di Media Center KIP Aceh Selatan.

Mengenai penempatan personel polisi, menurut Kapolda Aceh disesuaikan dengan kondisi lapangan. Artinya, pengaman dari Polri di 395 TPS disesuaikan dengan lokasi TPS. Ada yang dua orang satu TPS dan satu personel untuk dua TPS.

Seorang Komisioner KIP Aceh Selatan, Suhaimi Salihin SAg mengatakan, kehadiran Kapolda Aceh di Kantor KIP Aceh Selatan selain meninjau kesiapan pilkada juga mendorong KIP dan jajarannya agar tetap bersemangat melaksanakan tugas.

Pantauan Serambi, Jumat (25/1) malam, masyarakat Aceh Selatan larut dalam suasana gembira layaknya menyambut pesta. Di hampir setiap pos jaga maupun pos pemenangan masing-masing cabup/cawabup disibukkan kegiatan masa-masak, seperti gulai kambing dan gulai bebek. "Insya Allah pesta demokrasi Aceh Selatan berlangsung sukses," kata seorang warga Aceh Selatan.(tz/sup/nas)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hari Ini Warga Aceh Selatan Pilih Bupati

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/01/hari-ini-warga-aceh-selatan-pilih-bupati.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hari Ini Warga Aceh Selatan Pilih Bupati

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hari Ini Warga Aceh Selatan Pilih Bupati

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger