Gubernur Minta Pemkab Wujudkan Kenyamanan Investasi

Written By Unknown on Rabu, 23 Januari 2013 | 16.24

Rabu, 23 Januari 2013 14:05 WIB

BANDA ACEH - Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah meminta jajaran pemerintah kabupaten/kota di Aceh untuk mewujudkan kenyamanan bagi para penanam modal (investor) di Aceh.

"Pengembangan investasi merupakan salah satu misi Pemerintah Aceh untuk memajukan denyut nadi ekonomi di daerah, dan kehadiran investor merupakan sebuah keniscayaan.Karena itu, upaya memfasilitasi kenyamanan investor mutlak harus ditingkatkan," kata Gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Aceh T Setia Budi, saat membuka Rapat Perencanaan Penanaman Modal se-Aceh, di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Selasa (22/1).

Kegiatan ini dihadiri perwakilan 23 kabupaten/kota se-Aceh, terdiri dari Sekda, Kepala Bappeda, dan perangkat daerah di bidang penanaman modal kabupaten/kota. Di samping itu juga dihadiri instansi terkait lingkup Pemerintah Aceh.

Gubernur menambahkan, untuk meningkatkan daya tarik dan  kenyamanan  investor di Aceh, harus disusun sistem dan strategi perencanaan penanaman modal yang akurat. Sejalan dengani itu, berbagai kendala investasi di Aceh harus ditangani dengan cepat sehingga investor merasa nyaman berinvestasi di Aceh.

Terkait dengan strategi menggaet investor, Gubernur menyatakan ada lima poin penting yang perlu diperhatikan. Pertama, perlunya disusun rencana strategis untuk menghadirkan citra positif (rebranding image) Aceh sebagai tempat investasi yang aman dan nyaman.

Kedua, perlunya tersedia roadmap (peta panduan) Business Plan dan Action Plan pengembangan investasi Aceh tahun 2012 - 2017. Ketiga, terciptanya sistem perencanaan penanaman modal secara komprehensif dan serasi antara pemkab/kota dengan Pemerintah Aceh dan  Pemerintah Pusat.

Keempat, meningkatkan lagi peran Pemerintah Aceh  dalam membangun  kerjasama dengan pihak internasional sebagaimana amanat Perpres No 11 Tahun 2010 tentang Kerjasama Pemerintah Aceh dengan Lembaga atau Badan di Luar Negeri. Kelima, tersedianya sistem informasi yang kuat sehingga bisa  dihadirkan prastudi kelayakan sebagai media promosi.

"Kelima poin itu harus dilaksanakan secara komprehensif dengan merujuk kepada Pergub Aceh Nomor 70 Tahun 2012 tentang RPJM Aceh 2012-2017 dan Pergub Aceh Nomor 71 Tahun 2012 tentang Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) Aceh," ungkap Sekda Setia Budi.

Pihak Badan Investasi dan Promosi Aceh dalam rilisnya kepada Serambi kemarin menyebutkan, kegiatan Perencanaan Penanaman Modal se-Aceh itu menghadirkan keynote speech Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Ir Tambah P Hutapea MCP. Dengan narasumber lima direktur BKPM, serta paparan Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh Ir Iskandar MSc tentang Renstra Badan Investasi dan Promosi Aceh Tahun 2012-2017.(rel/nal)


Anda sedang membaca artikel tentang

Gubernur Minta Pemkab Wujudkan Kenyamanan Investasi

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/01/gubernur-minta-pemkab-wujudkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gubernur Minta Pemkab Wujudkan Kenyamanan Investasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gubernur Minta Pemkab Wujudkan Kenyamanan Investasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger