DPRA Usul Lima Calon Anggota Bawaslu

Written By Unknown on Selasa, 08 Januari 2013 | 16.24

Selasa, 8 Januari 2013 12:31 WIB

* Pusat belum Merespon

BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) telah merekrut lima nama untuk diusulkan kepada Bawaslu Pusat agar ditetapkan sebagai anggota Bawaslu di Provinsi Aceh. Kelima nama tersebut ditetapkan melalui surat nomor 281/3330 tertanggal 3 Desember 2012 yang ditandatangani Ketua DPRA Hasbi Adullah.

Anggota Komisi A DPRA Abdullah Saleh mengatakan kelima nama anggota Bawaslu Aceh (dalam surat disebut Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum/Panwaslu Aceh) tersebut sudah disampaikan kepada Bawaslu Pusat. "Tapi sampai sekarang belum ada keputusan dari Bawaslu terhadap usulan kita," ujarnya kepada Serambi di Banda Aceh, Senin (7/1).

Perekrutan kelima nama anggota Bawaslu Aceh ini dilakukan DPRA berdasarkan surat dari Komisi A DPRA Nomor 209/A/XI/2012 tanggal 28 November perihal Usulan Anggota Panwaslu.

Abdullah Saleh menyebutkan Bawaslu Pusat secara sepihak tanpa berkoordinasi dengan DPRA telah merekrut anggota Bawaslu Aceh. Karenanya, kata dia, DPRA menolak nama-nama anggota Bawaslu Aceh yang ditetapkan Bawaslu Pusat. Oleh karenanya, DPRA telah merekrut sendiri calon anggota Bawaslu Aceh dan telah diusulkan kepada Bawaslu Pusat untuk ditetapkan sebagai anggota Bawaslu Provinsi Aceh.

"Tapi terhadap usulan DPRA tersebut ternyata Bawaslu hingga sekarang belum menindaklanjutinya dalam sebuah keputusan," ujarnya.

Akan tetapi, kata Abdullah Saleh, pihak Bawaslu sudah mengirimkan surat perihal untuk mencari solusi atas persoalan ini. Dalam surat tanggal 17 Desember 2012 tersebut Bawaslu  telah mengirim surat ke Ketua Komisi II DPR RI untuk meminta pertimbangan pembentukan Bawaslu di Aceh mengingat tahapan pemilu legistif sudah berjalan dan pengawas pemilu belum terbentuk.

Seperti diberitakan, pembentukan Bawaslu Provinsi Aceh terkendala menyusul perbedaan pendapat dan dasar hukum yang digunakan oleh Bawaslu Pusat dan DPR Aceh. Pihak DPRA menolak nama-nama calon anggota Bawaslu yang telah diseleksi oleh Tim Seleksi Calon Bawaslu Provinsi Aceh atas permintaan dari Bawaslu pusat.

Kisruh ini membuat Bawaslu menunda pelantikan Bawaslu Provinsi Aceh. Padahal, seharusnya para anggota Bawaslu Aceh hasil rekrutan Timsel itu dilantik bersamaan dengan pelantikan 72 anggota Bawaslu di 24 provinsi lainnya, Sepember 2012 lalu. (sar)

Perlu Dimusyawarahkan
BADAN Pengawas Pemilu menyatakan sependapat dengan permintaan Gubernur Aceh yang mengharapkan dilakukannya musyawarah bersama antara DPR RI, DPD RI, Kemendagri, Bawaslu, DPRA dan Pemerintah Aceh dalam pembentukan Bawaslu Provinsi Aceh. Penjelasan Bawaslu ini termuat dalam Surat Nomor 967/Bawaslu/2012 tanggal 17 Desember 2012 perihal Pembentukan Bawaslu Aceh yang ditandatangani Ketua Bawaslu Pusat Dr Muhammad.

Dalam surat ini Bawaslu menjelaskan dalam hal pembentukan Bawaslu Aceh, DPR RI melalui rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi II DPR dengan Bawaslu 22 November 2012 meminta Bawaslu untuk berkoordinasi dengan KPU guna membahas pembentukan Bawaslu Provinsi Aceh. Selanjutnya Bawaslu telah mengirim surat kepada KPU Pusat guna membahas pembentukan Bawaslu Provinsi Aceh. Selain itu Bawaslu juga telah mengirim surat kepada Ketua Komisi II DPR tanggal 20 Desember 2012 untuk meminta pertimbangan memfasilitasi pembentukan Bawaslu Aceh mengingat tahapan pemilu legistif sudah berjalan dan pengawas pemilu belum terbentuk.  

Dalam surat tersebut Ketua Bawaslu juga mengharapkan DPR Aceh dapat  memahami dan secara bersama-sama dengan Bawaslu Pusat melakukan beberapa proses sebagaimana yang diminta Ketua Komisi II DPR dalam rangka mempercepat pembentukan Bawaslu Aceh.(sar)


Anda sedang membaca artikel tentang

DPRA Usul Lima Calon Anggota Bawaslu

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/01/dpra-usul-lima-calon-anggota-bawaslu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

DPRA Usul Lima Calon Anggota Bawaslu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

DPRA Usul Lima Calon Anggota Bawaslu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger