KIP Tetapkan Enam Pasangan Calon

Written By Unknown on Senin, 10 Desember 2012 | 16.24

Senin, 10 Desember 2012 15:40 WIB

TAPAKTUAN - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan mengumumkan bahwa enam pasangan memenuhi syarat untuk ikut dalam Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Aceh Selatan 2013. Satu pasangan dinyatakan gugur, yakni Drs H Zulkarnini MSi/Drs Irwan Yuni MKes.

Namun, pengumuman KIP Aceh Selatan ini, mendapat penolakan dari tim pemenangan bakal pasangan calon Zulkarnini/Irwan Yuni. Mereka menyatakan akan mem-PTUN-kan KIP Aceh Selatan.

Ketua KIP Aceh Selatan, Lian Azwin SE, Minggu (9/12), mengatakan, pengumuman pasangan yang mmenuhi syarat ini didasarkan atas hasil rapat pleno tanggal 8 Desember 2012.

"Sesuai dengan hasil Rapat Pleno Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan tanggal 8 Desember 2012 sebagaimana tertuang dalam Berita Acara  KIP Kabupaten Aceh Selatan Nomor: 17/BA/KIP/XII tanggal 08 Desember  2012, pasangan calon yang memenuhi persyaratan sebagai peserta Pemilihan Umum bupati/wakil bupati Aceh Selatan Tahun 2012-2013 adalah enam pasangan," kata Lian Azwin.

Seperti diberitakan, pasangan yang mendaftar sebagai bakal calon (balon) bupati/wakil bupati Aceh Selatan berjumlah tujuh pasangan. Dalam pengumuman KIP kemarin, hanya nama pasangan Drs H Zulkarnini MSi/Drs Irwan Yuni MKes tidak ada dalam daftar.

Berdasarkan jadwal dan tahapan Pilkada Aceh Selatan, penelitian ulang kelengkapan dan perbaikan persyaratan pasangan calon, sekaligus pemberitahuan hasil penelitian, berlangsung sejak tanggal 2 hingga 8 Desember 2012.

Sementara pengumuman pasangan calon yang memenuhi persyaratan dilakukan antara tanggal 9-10 Desember. Selanjutnya, pada tanggal 11-12 Desember dilakukan penetapan, penentuan nomor urut, dan pengumuman pasangan calon.(tz)

Tim Zulkarnaini/Irwan Menolak
TIM pemenangan pasangan Drs H Zulkarnini M Si/Drs Irwan Yuni MKes, bakal calon bupati/wabup Aceh Selatan yang diusung koalisi parpol, menolak pengumuman KIP Aceh Selatan tentang pasangan bakal calon yang memenuhi persyaratan sebagai peserta Pilkada Aceh Selatan 2012.

Penolakan itu disampaikan Fajri Ismail SAg, Ketua Tim Pemenangan Zulkarnani/Irwan Yuni, dalam pernyataan tertulis kepada Serambi, Minggu (9/12), setelah mendapatkan pemberitahuan dari KIP Aceh Selatan.

Fajri menyatakan, keputusan KIP itu mengabaikan kesalahan dalam memverifikasi dukungan dari Partai Bintang Reformasi (PBR). "Kita menolak hasil penetapan tersebut dan menyatakan akan mem-PTUN-kan KIP Kabupaten Aceh Selatan," kata dia.

Ia menyebutkan, ada kerancuan dalam proses verifikasi dukungan dari PBR. Di mana, dalam satu nomor dan tanggal SK, terdapat dua pencabutan nomor SK DPW-PBR Aceh. Karenanya, Fajri mencurigai KIP Aceh Selatan telah menjadikan SK Nomor: 099/Kpts/DPW/PBR-ACEH/XII/2012, sebagai dasar penetapan kepengurusan sah DPC PBR Kabupaten Aceh Selatan.

"Ini jelas-jelas tidak bisa diterima. Karena dalam berita acara verifikasi faktual yang dibuat oleh Drs H Ibrahim Saleh MSi yang memberikan pernyataan di atas materai cukup jelas bahwa Ibrahim Saleh mengakui tidak pernah menandatangani SK Nomor: 099/Kpts/DPW/PBR-ACEH/XII/2012 dengan konsideran memperhatikan," jelasnya.

Menurut dia, jika SK yang diserahkan tanggal 29 Oktober 2012 dijadikan pertimbangan oleh KIP, maka jelas ada keanehan dan kelemahan hukum. Karena Ibrahim Saleh telah membantah dengan tegas bahwa dirinya tidak pernah menandatangani SK dimaksud.

Ketua KIP Aceh Selatan Lian Azwin yang coba dikonfirmasi terkait penolakan dari kubu Zulkarnaini/Irwan ini, tidak berhasil dihubungi. Nomor yang biasa digunakannya sedang dalam keadaan tidak aktif atau berada di luar jangkauan.

Sedangkan Ketua Pokja Pencalonan KIP Aceh Selatan, Jasmiadi Jakfar MSi yang dihubungi terpisah menyarankan Serambi untuk konfirmasi langsung ke Ketua KIP Aceh Selatan. "Coba konfirmasi langsung sama ketua," saran Jasmiadi Jakfar. Namun, hingga berita ini diturunkan Serambi belum berhasil memperoleh konfirmasi dari Ketua KIP Aceh Selatan.(tz)


Anda sedang membaca artikel tentang

KIP Tetapkan Enam Pasangan Calon

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2012/12/kip-tetapkan-enam-pasangan-calon.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KIP Tetapkan Enam Pasangan Calon

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KIP Tetapkan Enam Pasangan Calon

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger