Perbaikan Massal Feroza Masih Berlaku

Written By Unknown on Senin, 22 Oktober 2012 | 16.24

Senin, 22 Oktober 2012 15:23 WIB

* Masalah pada Katup Pengaman Tanki

BANDA ACEH -  Perbaikan massal atau pemanggilan kembali alias recall terhadap Daihatsu Feroza keluaran tahun 1993-1998 ternyata masih berlaku. Program recall tersebut berkaitan dengan penggantian komponen 'check valve' atau katup pengaman saluran buang udara tangki bahan bakar.

Pergantian komponen 'check valve' ini bisa dilakukan pada seluruh bengkel resmi Daihatsu, dan diberikan secara gratis. Di Aceh, pengguna Feroza bisa mendatangi bengkel binaan Astra Daihatsu, CV Amanah Services Bersama di Jln Sultan Iskandar Muda, Lorong Kemuning, Punge Jurong, Kecamatan Meuraxa. Atau bisa menghubungi nomor 08126901304/085260178600.

"Ya, kita masih melayani perbaikan massal untuk Feroza. Pergantian saluran buang udara tangki bahan bakar ini gratis. Pemilik kendaraan cukup menyerahkan dua lembar fotokopi BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)," kata Kepala Bengkel Amanah Services Bersama, Munshulul Amanah, kepada Serambi, Minggu (21/10).

Sejak program perbaikan massal ini bergulir April 2011 lalu, Munshulul mengaku sudah 170 unit Feroza yang masuk. Jumlah itu menurut dia termasuk yang terbesar di wilayah Sumatera, mengingat pemakai Daihatsu untuk segmen mobil Daihatsu Jeep di Aceh tergolong banyak.

Program perbaikan massal itu sendiri dikatakan Munshulul akan berakhir pada awal 2013 nanti. Karena itu, kepada pemilik Feroza di Aceh disarankan agar segera membawa kendaraannya ke bengkel-bengkel resmi Daihatsu. Di luar program perbaikan massal ini, pergantian suku cadang dan ongkos kerja akan menghabiskan biaya sekitar Rp 300.000.

"Inilah bukti kepedulian PT Astra International khususnya Astra Daihatsu Motor terhadap konsumen. Moto kami We Care For You Better", ujar pria yang sudah 32 tahun (turun temurun) bermitra dengan Daihatsu sejak kehadirannya di Aceh.(yos)

Risiko Terbakar dan Bau Bensin di Kabin
DAIHATSU secara resmi mengumumkan me-recall produknya yang sudah masuk 'meseum', yaitu Feroza pada 14 April 2011. Instruksi recall datang dari prinsipal Daihatsu Motor Company (DMC) di Jepang yang berlaku di seluruh dunia, setelah adanya laporan mobil terbakar karena uap bensin yang bocor masuk ke ruang kabin.

Masalah yang dihadapi pada mobil yang masih menggunakan karburator ini adalah 'check valve' atau katup pengaman (juga bisa disebut katup pernafasan emisi uap bensin). Katup ini bisa retak karena dimakan usia, lingkungan, dan pemakaian pada kondisi tertentu.

Bila katup yang dibuat dari resin itu retak dan bocor, maka akan menebarkan bau bensin ke kabin. Di samping itu, kalau komponen ini tidak diganti, bagian lain yang ikut terpengaruh adalah mesin, sistem pendingin, pembuangan (exhaust) dan kontrol emisi.

Daihatsu Indonesia mengklaim ada 51.993 Feroza produksi 1993-1998 yang beredar di Indonesia. Daihatsu menyiapkan 100 bengkel resmi di Indonesia untuk mendukung program perbaikan massal tersebut. Daihatsu Indonesia juga melaporkan belum menerima kasus kebakaran akibat keretakan 'check valve' saluran buang bahan bakar.(yos/berbagai sumber)


Anda sedang membaca artikel tentang

Perbaikan Massal Feroza Masih Berlaku

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2012/10/perbaikan-massal-feroza-masih-berlaku.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perbaikan Massal Feroza Masih Berlaku

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perbaikan Massal Feroza Masih Berlaku

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger