Pemain Basket Putri Qatar Pertanyakan Larangan Hijab Di Asian Games

Written By Unknown on Jumat, 26 September 2014 | 16.25

SERAMBINEWS.COM, INCHEON - Pemain basket putri Qatar, Kamis (25/9/2014), menyebut larangan bagi mereka untuk mengenakan hijab adalah penghinaan. Mereka pun mempertanyakan alasan pelarangan itu, termasuk dari sisi keamanan pemain.

"Ini merupakan penghinaan bagi kami, mereka tidak menghormati agama kami," kata pemain forward Qatar, Refaa Morjan Mohammed, Kamis. Dia pun menyatakan  kepada AFP, bahwa timnya sudah berkali-kali bertanding di kejuaraan regional dan tak ada masalah.

Kapten Qatar Amal Mohammed Saleh, yang bermain sebagai center, mengatakan larangan itu tidak masuk akal ketika olahraga bela diri pun mengizinkan pemakaian hijab.

"Kami sudah siap untuk pertandingan, tapi kami terkejut melihat stadion di mana kami tidak bisa bermain (dengan tetap) mengenakan jilbab - itu merupakan penghinaan bagi kami," kata Amal, pemain berusia 34 tahun itu.

"Isu-isu keselamatan? Olaharga judo, karate, dan bola tangan jauh lebih keras daripada basket. Dalam basket ada 'foul' jika terjadi kontak (badan) apapun. Jadi apa masalah keamanan yang mereka bicarakan?"

Pemain center, Amal Mohamed Awad (28), berpendapat masa depan basket di Timur Tengah akan suram bila FIBA tak mengubah aturannya. "Ada banyak negara-negara Arab yang ingin berpartisipasi tetapi enggan melakukannya karena aturan FIBA."

Dari skuad basket putri Qatar, lima di antaranya mengenakan hijab dan enam yang lain tidak memakainya. Isu ini semakin mencuat karena Asian Games XVII di Incheon mengusung tema "Keanekaragaman yang Bersinar".

Tim Qatar menegaskan larangan pengenaan hijab yang mereka dapat jelas bertentangan dengan semangat ajang ini yang hendak menjunjung tinggi ragam budaya dan keyakinan.

Sumber: AFP


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemain Basket Putri Qatar Pertanyakan Larangan Hijab Di Asian Games

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/09/pemain-basket-putri-qatar-pertanyakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemain Basket Putri Qatar Pertanyakan Larangan Hijab Di Asian Games

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemain Basket Putri Qatar Pertanyakan Larangan Hijab Di Asian Games

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger