Penderita Thalasemia Aceh Terus Meningkat

Written By Unknown on Kamis, 28 Agustus 2014 | 16.25

BANDA ACEH - Hingga Agustus 2014 penderita Thalasemia di Aceh meningkat menjadi 255 orang, dibanding periode yang sama pada 2013 dengan jumlah 180 orang. Kebanyakan penderita berusia 2-5 tahun dan berasal dari berbagai kabupaten di Aceh.

"Itu jumlah yang terdata saja. Saya yakin masih banyak penderita thalasemia di luar sana," kata Nizwar, Ketua Persatuan Orang Tua Penderita Thalasemia Indonesia (POPTI) Cabang Aceh. Meningkatnya jumlah penderita ini, disebabkan masih kurangnya sosialisasi tentang penyakit tersebut kepada masyarakat.

Thalasemia adalah penyakit turunan kelainan darah yang ditandai kondisi sel darah merah mudah rusak atau umurnya lebih pendek dari sel darah normal (120 hari). Sel darah merah penderita thalasemia hanya bertahan kurang lebih selama 40 hari. Perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan obat dan transfusi darah secara rutin.

Thalasemia merupakan penyakit bawaan lahir dan secara medis belum dapat disembuhkan. Namun penyakit ini dapat diminimalisir dengan cara sebelum menikah setiap pasangan dianjurkan cek darah untuk mengetahui apakah keduanya merupakan pembawa sifat (carrier) atau salah satu atau tidak sama sekali.

Jika keduanya carrier, kemungkinan yang terjadi 50% anaknya akan lahir normal, 25% menderita thalasemia dan 25% carrier. Jika salah satu carrier, kemungkinan anak yang akan dilahirkan juga akan menderita penyakit ini atau bahkan carrier. "Karena itu, tes darah sebelum menikah sangat penting supaya bisa diminimalisir penderita thalasemia," ujarnya.

Di Swedia, menurut Nizwar, tidak ada penderita thalsemia karena pemerintahnya sudah punya peraturan tetap (Protap) bagi setiap pasangan untuk melakukan cek darah sebelum menikah. "Saya dan kawan-kawan di POPTI juga sedang mengusahakan supaya pemerintah Indonesia juga punya protap ini," katanya.(y)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Penderita Thalasemia Aceh Terus Meningkat

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/08/penderita-thalasemia-aceh-terus.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penderita Thalasemia Aceh Terus Meningkat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penderita Thalasemia Aceh Terus Meningkat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger