Inilah yang Harus Dilakukan Saat Depresi Mulai Menyerang

Written By Unknown on Selasa, 26 Agustus 2014 | 16.24

SERAMBINEWS.COM - Kematian aktor Robin Williams yang sangat mendadak beberapa hari silam seperti membukakan mata kita tentang permasalahan depresi yang secara laten mengintai banyak orang. Terkadang, susah memang mendeteksi apakah seseorang menderita depresi. Dari luarnya, mungkin orang-orang di sekitar kita terlihat normal-normal saja, bahkan selalu tampak ceria dan bahagia. Tapi banyak yang berkata, justru terkadang, orang yang paling terlihat ceria lah yang sebenarnya menyimpan tekanan terbesar dalam kehidupan.

Kepergian Robin Williams yang meninggal dunia usai bunuh diri seperti menjadi "alarm" bagi banyak orang di dunia akan bahaya dari depresi. Tapi tak banyak orang yang bisa mendeteksi depresi. Tak perlu langsung khawatir jika Anda merasa Anda lah salah satu orang yang mungkin mengidap depresi. Asal penanganannya sejak dini dan teliti, siapapun bisa bebas dari depresi.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan bagi mereka yang mulai mendeteksi gejala depresi dalam diri:

1. Anda tidak sendiri

Salah satu musuh terbesar dari rasa depresi adalah perasaan kesepian dan kesendirian yang kerap singgah. Anda seperti merasa tidak ada yang peduli pada Anda. Anda tidak sendiri, karena banyak orang di dunia ini yang merasakan hal yang sama. Hanya saja, yang membedakan, apkah Anda berani menyuarakan perasaan Anda itu?

2. Lakukan banyak hal

Ini bisa diterapkan berbeda pada tiap orang. Ada yang merasa nyaman dengan obat anti depresi dan konsultasi, tapi ada juga yang merasa dua hal itu tidak cukup. Tapi cobalah senantiasa melakukan banyak hal yang baru. Mungkin saja obat-obat anti depresi tidak membuat masalah Anda hilang, tapi mungkin bisa membantu Anda membuka banyak jendela baru dalam hidup.

3. Semua bisa diatur

Salah satu nasehat terbesar dari seorang psikiater adalah dengan merinci satu persatu. Pisahkan masalah Anda satu per satu. Buat pemetaan di pikiran Anda. Setelah dipecah-pecah ke bagian kecil, Anda akan lebih bisa menganalisa setiap maslah dengan lebih baik dan lebih detail. Akan lebih susah mencerna semua masalah jika semua masih bercampur jadi satu.

4. Jangan abaikan masalah

Semakin cuek Anda terhadap masalah hidup, maka semakin menumpuk pula masalah akan datang menyerbu. Mungkin Anda merasa marah, tapi semakin membangun amarah tidak akan memecahka masalah. Jangan cuek dengan kemarahan Anda. Jangan pula sembunyikan. Jangan biarkan semua merasuk ke pikiran dan benak Anda terlalu lama. Carilah seseorang yang bisa diajak bertukar pikiran.

5. Cari pertolongan

Ini adalah hal paling mudah sekaligus yang paling sulit dilakukan. Mengatakan dengan lantang bahwa Anda mungkin mengidap depresi dan membutuhkan pertolongan, tentu butuh keberanian yang tinggi. Tapi ini adalah langkah pertama yang paling baik untuk membuat Anda sehat kembali. Percayalah.

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Inilah yang Harus Dilakukan Saat Depresi Mulai Menyerang

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/08/inilah-yang-harus-dilakukan-saat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Inilah yang Harus Dilakukan Saat Depresi Mulai Menyerang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Inilah yang Harus Dilakukan Saat Depresi Mulai Menyerang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger