Tinggi, Minat Peneliti di Aceh

Written By Unknown on Jumat, 18 Juli 2014 | 16.24

BANDA ACEH - Lembaga Peningkatan Sumber Daya Manusia (LPSDM) Aceh menilai, minat putra-putri Aceh untuk meneliti tergolong tinggi. Buktinya, saat lembaga itu membuka kesempatan bagi peneliti untuk dibiayai proyek penelitiannya, sebanyak 326 proposal masuk ke LPSDM Aceh.

Atas nama Pemerintah Aceh, LPSDM baru saja selesai menyeleksi 326 proposal penelitian tersebut. Terpilih 60 proposal yang layak didanai dengan biaya penelitian yang disediakan oleh Pemerintah Aceh. "Namun, ke-60 pengaju proposal itu masih harus mempresentasikan proposal penelitiannya di depan tim penilai sejak 15 Juli lalu," kata Ketua Panitia Pelaksana Penelitian LPSDMA, Dr Abdullah MT kepada Serambi di Banda Aceh, Kamis (17/7) sore.

Menurut Abdullah, Pemerintah Aceh menyediakan dana Rp 1,3 miliar untuk membiayai penelitian yang terpilih dari 60 proposal yang kini sedang dalam tahap seleksi akhir. "Para peneliti itu nantinya akan mendapat dana dalam jumlah yang bervariasi," kata Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi LPSDM Aceh itu sembari menyebutkan bahwa pengalokasian dana untuk penelitian putra-putri Aceh yang diperoleh secara bersaing baru tahun ini dilaksanakan oleh LPSDM Aceh.

Menariknya lagi, penelitian ini bukan saja terbuka dari akademisi/peneliti dari perguruan tinggi negeri, tetapi juga seluruh perguruan tinggi swasta (PTS) di Aceh. "Dengan tersedianya dana di atas 1 miliar rupiah kita harapkan minat para akademisi/peneliti di Aceh untuk meneliti semakin besar," kata Dosen Fakultas Teknik Unsyiah ini.

Abdullah menyebutkan bahwa hasil penelitian yang dibiayai Pemerintah Aceh itu kelak akan menjadi milik bersama antara si peneliti dengan Pemerintah Aceh. Hasilnya berpeluang pula "dipasarkan" kepada mitra yang berminat menerapkannya untuk tujuan komersial, tapi dengan lebih dulu dipatenkan.

Berdasarkan hasil seleksi tahap awal, 109 di antara proposal penelitian yang masuk itu merupakan bidang sosial, sedangkan sisanya bidang eksakta. Unsur yang dinilai tim seleksi adalah kompetensi, inovasi, dan  pengembangan teknologi dari setiap proposal penelitian.

"Selain itu kita harapkan penelitian itu nantinya ketika diaplikasikan akan memberi dampak bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat Aceh," kata Abdullah yang pernah menjuarai Lomba Teknologi Tepat Guna Se-Aceh yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat Aceh.

Menurutnya, menjelang akhir Juli ini LPSDM akan mengumumkan siapa-siapa di antara pengaju proposal itu yang berhak mendapatkan dana penelitian dari Pemerintah Aceh untuk tahun 2014.

Menurutnya, LPSDMA akan melobi DPRA agar tahun depan alokasi dana untuk penelitian itu ditingkatkan jumlahnya, sehingga lebih banyak proposal penelitian yang bisa dibiayai dan jumlah biayanya pun lebih besar. (dik)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Tinggi, Minat Peneliti di Aceh

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/07/tinggi-minat-peneliti-di-aceh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tinggi, Minat Peneliti di Aceh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tinggi, Minat Peneliti di Aceh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger