Pendaftaran UMB Unsyiah dan Unimal Ditutup 31 Juli

Written By Unknown on Senin, 21 Juli 2014 | 16.24

* Ujian 3 Agustus

BANDA ACEH - Pihak Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh maupun Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara mengingatkan bahwa Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) tahun ini akan ditutup pada 31 Juli 2014. Untuk itu, lulusan SLTA yang berminat ikut jalur ini segera mendaftar karena waktunya tinggal sepuluh hari lagi.

Untuk menghindari keterlambatan cetak kartu, seperti banyak dialami peserta SBMPTN baru-baru ini, maka sebaiknya peserta yang telah mendaftar segera mencetak kartu ujiannya. Sebab, jika sampai batas waktu yang ditentukan, yaitu 1 Agustus 2014, kartu ujian belum juga dicetak, maka peserta dianggap mengundurkan diri.

Hal itu diingatkan secara terpisah oleh Rektor Unimal, Dr Apridar MSi dan Kepala Bagian Humas Unsyiah, Dr Ilham Maulana melalui Serambi, Minggu (20/7), mengingat masa pendaftaran tak lama lagi. Apalagi sejak 27 hingga 31 Agustus umat Islam di Indonesia memasuki masa libur Idul Fitri 1435 Hijriah, sehingga dikhawatirkan kesibukan suasana Lebaran bisa mengakibatkan calon peserta UMB lalai mendaftar atau lupa mencetak kartu ujiannya.

"Ingat, tes tulis UMBPT 2014 akan berlangsung pada 3 Agustus 2014, masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri," ujar Apridar.

Sementara itu, Dr Ilham Maulana menyebutkan, pendaftaran online UMBPT telah dimulai sejak 9 Juni hingga 31 Juli 2014. Peserta yang akan ikut UMBPT kali ini, diharuskan melakukan registrasi di website http://penerimaan.spmb.or.id.

Setelah melakukan registrasi pendaftaran, peserta harus membayar biaya pendaftaran di Bank BNI baik melalui counter teller, ATM Bank BNI, ataupun internet banking. Pembayaran ini harus dilakukan antara 9 Juni sampai 31 Juli 2014. "Secara otomatis juga pembayaran biaya pendaftaran tidak dapat dilakukan lagi apabila kapasitas tempat ujian di panitia lokal atau outlet telah terisi penuh," kata Ilham Maulana.

Seperti juga tahun lalu, Unsyiah tahun ini kembali masuk dalam daftar PTN yang menggelar UMBPT 2014. Tercatat ada 13 universitas negeri yang ikut serta dalam penyelanggaraan kali ini. Selain Unsyiah, perguruan tinggi di Aceh yang juga masuk dalam ujian bersama ini adalah Universitas Malikussaleh (Unimal) di Aceh Utara dan Universitas Teuku Umar (UTU) di Meulaboh. Selain PTN, UMBPT ini juga melibatkan Universitas Terbuka dan empat universitas swasta terkemuka di Indonesia.

UMBPT merupakan salah satu dari tiga jalur masuk Unsyiah maupun Unimal, selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur UMBPT ini biasa juga disebut dengan jalur mandiri.

Pengumuman kelulusannya akan diumumkan pada 11 Agustus 2014. Ilham Maulana mengatakan, setelah pengumuman kelulusan SBMPTN tahun 2014 yang diumumkan 16 Juli lalu, jumlah pendaftar jalur UMB di Panitia Lokal Unsyiah sudah lebih dari 1.600 orang.

Pada hari Jumat (18/7) saja, sudah 546 orang mendaftar untuk kelompok IPA, 369 orang untuk IPS, dan 613 orang untuk IPC (campuran). Namun demikian, mayoritas dari pendaftar belum menyelesaikan proses pendaftarannya. Tercatat baru 570 orang dari jumlah tersebut yang telah membayar dan mencetak kartu ujian. (dik)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Pendaftaran UMB Unsyiah dan Unimal Ditutup 31 Juli

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/07/pendaftaran-umb-unsyiah-dan-unimal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pendaftaran UMB Unsyiah dan Unimal Ditutup 31 Juli

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pendaftaran UMB Unsyiah dan Unimal Ditutup 31 Juli

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger