Bainprom: Investasi Asing di Aceh Naik 185 Persen

Written By Unknown on Rabu, 23 Juli 2014 | 16.25

BANDA ACEH - Badan Investasi dan Promosi (Bainprom) Aceh merilis data investasi asing di Aceh pada triwulan II 2014, dimana realisasi yang dicapai naik sebesar 185 persen dari triwulan sebelumnya.

"Realisasi investasi PMA (Penanaman Modal Asing) di Aceh pada triwulan II 2014 naik mencapai 185 persen, dari Rp 42,2 miliar menjadi Rp 120,6 miliar," sebut Kepala Bainprom Aceh, Ir Iskandar MSc, saat menggelar konfrensi pers di ruang pertemuan Bainprom Aceh, Senin (21/7).

Hal yang sama juga terjadi untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang disebutkan juga mengalami kenaikan sebesar 28 persen, dari Rp 1,399 triliun menjadi Rp 1,791 triliun. Sehingga dengan demikian, tambahan investasi triwulan II mencapai Rp 1,912 triliun.

Realisasi investasi triwulan II tersebut, apabila ditambah dengan realisasi investasi triwulan I sebesar Rp 1,442 triliun, maka total realisasi investasi PMA dan PMDN Aceh dalam enam bulan terakhir menjadi Rp 3,354 triliun, atau sudah mencapai 62 persen dari target tahun ini yang sebesar Rp 5,4 triliun.

"Realisasi investasi sebanyak itu telah mendongkrak Aceh  menduduki peringkat enam besar nasional. Besarnya tambahan nilai realisasi PMA dan PMDN itu satu bukti nyata bahwa berinvestasi di Aceh masih cukup aman dan nyaman. Kalau pun, ada beberapa investor yang menyatakan belum nyaman, itu hanya satu dua perusahaan saja dan tidak bisa digeneralkan secara umum," ujar Iskandar lagi.

Menurutnya, salah satu faktor penyebab tingginya realisasi investasi tersebut adalah gencarnya promosi yang dilakukan Pemerintah Aceh, baik ke tingkat nasional maupun ke luar negeri.

"Kita harapkan, dengan hadirnya sejumlah pabrik di Aceh, pertumbahan ekonomi Aceh akan lebih tinggi lagi. Kalau sekarang ini hanya tumbuh 5,3 persen, tahun depan bisa diatas 6,5 persen," kata Iskandar.

Selain itu, semakin besar investasi yang masuk, maka akan semakin banyak pula tenaga kerja yang terserap. Untuk periode Januari - Juni saja, sebut Iskandar, jumlah yang terserap mencapai 15.293 tenaga kerja, tediri dari PMA sebanyak 5.221 orang dan PMDN 10.072 orang.

"Hal ini bisa menurunkan jumlah penduduk miskin kita menjadi kisaran 17-15 persen, dari sebelumnya 18-19 persen dan pengangguran 9 persen menjadi 7 persen," demikian Iskandar.(her)    

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Bainprom: Investasi Asing di Aceh Naik 185 Persen

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/07/bainprom-investasi-asing-di-aceh-naik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bainprom: Investasi Asing di Aceh Naik 185 Persen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bainprom: Investasi Asing di Aceh Naik 185 Persen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger