Waspadai Angin Kencang Hingga Tiga Hari ke Depan

Written By Unknown on Senin, 16 Juni 2014 | 16.25

* Bahayakan Penerbangan dan Pelayaran

SUKA MAKMUE - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya mengingatkan tentang potensi angin kencang dengan kecepatan mencapai 60 kilometer/jam hingga tiga hari mendatang.

Kecepatan angin yang mencapai 60 km/jam, menurut Kepala Stasiun BMKG Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Edi Darlupti SE bisa menyebabkan kerusakan serta membahayakan penerbangan dan pelayaran. "Kondisi ini perlu diwaspadai," kata Edi menjawab Serambi, Minggu (15/6).

Menurut Edi, penyebab angin kencang yang selama ini terjadi di Aceh karena adanya kumpulan awan Stratocumulus memanjang disertai adanya awan Cumulonimbus yang memicu angin kencang disertai hujan. Dijelaskan Edi, angin kencang ini bergerak dari kawasan Samudera Hindia memasuki daratan Aceh sehingga menyebabkan embusan angin yang disertai hujan dengan kecepatan sangat tinggi, berkisar antara 30-60 km/jam yang bisa memicu kerusakan dan tumbangnya pohon.

Angin kencang dan hujan lebat ini, lanjut Edi berpotensi terjadi sejak sore hingga malam hari. Dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya. Edi juga mengingatkan, angin kencang yang melanda Aceh selama tiga hari ke depan sangat berbahaya terhadap penerbangan, terutama pada saat take off dan landing. Begitu pun untuk pelayaran, juga berbahaya karena tinggi gelombang bisa mencapai 2-3 meter.

Selama terjangan angin kencang yang melanda Aceh sejak hampir sepekan terakhir, telah menimbulkan banyak kerusakan. Laporan terbaru yang diterima Serambi adalah rubuhnya tower internet milik Pemkab Aceh Barat di Meulaboh. Akibatnya, layanan multimedia dan cyber untuk kepentingan pemerintah setempat terganggu. "Tower itu tumbang ketika angin kencang pada Jumat malam lalu. Layanan internet terganggu," kata Kabag Humas Setdakab Aceh Barat, Teuku Arman ST kepaad Serambi, Minggu (15/6).(edi)


Anda sedang membaca artikel tentang

Waspadai Angin Kencang Hingga Tiga Hari ke Depan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/06/waspadai-angin-kencang-hingga-tiga-hari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Waspadai Angin Kencang Hingga Tiga Hari ke Depan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Waspadai Angin Kencang Hingga Tiga Hari ke Depan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger