RTA Minta Pemerintah Aceh Jamin Keamanan

Written By Unknown on Rabu, 05 Maret 2014 | 16.25

BANDA ACEH - Pengurus Besar Rabithah Thaliban Aceh (RTA) mengatakan prihatin atas meningkatnya eskalasi kekerasan menjelang pemilu di Aceh. Komunitas santri dayah ini mendorong Pemerintah Aceh, dalam hal ini Gubernur termasuk Kapolda, Pangdam IM, dan Kajati Aceh bersinergi menjalankan fungsinya, untuk memberi jaminan kenyamanan bagi masyarakat Aceh.

"Kita berharap pemerintah daerah tidak hanya sebatas mengeluarkan pernyataan menyesal dan mengecam terhadap tindak kekerasan selama ini. Tapi semua pihak sesegera mungkin melakukan tindakan nyata sebagai bentuk pemulihan kepercayaan publik kepada pemerintah," kata Sekretaris Jenderal PB RTA Aceh Akmal Abzal SHI kepada Serambi di Banda Aceh, Selasa (4/3).

Ia mengatakan, beragam rentetan peristiwa kekerasan yang terjadi adi Aceh beberapa bulan terakhir ini mulai menganggu kenyamanan dan kedamaian masyarakat dalam melakukan aktivitas. "Kondisi seperti ini tidak boleh terus berlanjut tanpa ada solusi kongkret dari pemerintah sebagai pengendali kebijakan publik di Aceh," tegasnya

Dia menyebutkan beberapa peristiwa tersebut bagaikan terorganisir seperti kasus pembakaran, pembacokan, penyerangan, penembakan hingga pembunuhan. "Lazimnya kejadian seperti ini terjadi di negeri atau wilayah konflik, namun di Aceh pascadamai kejadian yang sama terus saja terulang menjelang pemilu, sudah bagaikan film sinetron bersambung," tegasnya.

Akmal menyatakan ulama dan pimpinan dayah juga harus berperan aktif membangun kesadaran beragama yang benar agar dapat membuka pola pikir umat tentang pentingnya menjaga kerukunan, merawat kedamaian, dan persaudaraan. "Pemilu bukan semata tujuan hidup sehingga tidak perlu bertindak diluar batas manusiawi hanya atas nama demokrasi dan kekuasaan semu," ujarnya.

Seperti diberitakan berbagai kasis kekerasan menjelang pemilu terus terjadi. Kasus terakhir menimpa Faisal SE yang merupakan caleg dari PNA pemilihan Sawang-Meukek, Aceh Selatan. Korban tewas diberondong tembakan Minggu malam (2/3) di kawasan Gunong Seumancang, Desa Ladang Tuha, Kecamatan Meukek, Aceh Selatan.(sr)


Anda sedang membaca artikel tentang

RTA Minta Pemerintah Aceh Jamin Keamanan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/03/rta-minta-pemerintah-aceh-jamin-keamanan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

RTA Minta Pemerintah Aceh Jamin Keamanan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

RTA Minta Pemerintah Aceh Jamin Keamanan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger