KIP tak Rekomendasikan Satpol PP dalam Pengamanan Pemilu

Written By Unknown on Rabu, 26 Maret 2014 | 16.25

SABANG - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang tidak merekomendasikan Satpol PP dalam pengamanan pemilu 9 April 2014. Tugas keamanan di TPS pada hari pencoblosan itu sudah diatur oleh undang-undang, yakni Linmas dan penegak keamanan.

"KIP tidak merekomendasikan petugas Satpol PP sebagai pengaman pemilu pada hari pencoblosan. Untuk pengamanan hari pencoblosan itu sudah ada Linmas, Polri/TNI," kata Pokja Sosialisasi KIP Kota Sabang, Tris Kurniawan.

Hal itu ditegaskannya dalam acara sosialiasi perhitungan dan rekepitulasi suara pemilu kepada perwakilan semua partai politik (parpol) peserta pemilu 2014 di Aula Hotel Nagoya, Selasa (26/3). Hadir pada acara tersebut, Ketua KIP Marzuki Harun, Ketua Panwaslu Muallimin.

Penegasan Pokja Sosialiasi itu muncul karena adanya pertanyaan dari sejumlah para caleg tentang kebijakan pemko setempat yang telah mensiagakan 330 petugas Satpol PP untuk pengamanan di TPS yang tersebar di desa-desa dalam wilayah Kota Sabang.

Sebab, bila memang  pada pengamanan pemilu itu melibatkan petugas Satpol PP, para caleg khawatir akan terjadi kecurangan dalam pelaksanaan pemilu legislatif 9 April mendatang. "Kami minta ketegasan KIP, bahwa pada pengamanan pemilu ini tidak melibatkan petugas Satpol PP," kata salah seorang caleg.

Dikatakan, selain Satpol PP yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat, KIP ujar Tris Kurniawan juga tidak merekomendasikan Satgas Parpol untuk pengamanan di TPS-TPS. Tapi bila kehadiran mereka hanya untuk memantau jalannya pemilu tidak dilarang, karena siapapun boleh melakukan pemantauan.

Karena itu, pihaknya meminta kepada para caleg dari parpol tidak perlu ragu, karena untuk pengamanan pemilu itu sudah ada Linmas dengan dibantu aparat kepolisian. "Meskipun Pemko telah menyiagakan ratusan petugas Satpol PP untuk pengamanan pemilu, namun KIP tidak akan merekomendasikan, karena sesuai aturan yang bertugas memberikan pengamanan pemilu itu adalah Linmas dibantu Polri/TNI," tegasnya.(az)


Anda sedang membaca artikel tentang

KIP tak Rekomendasikan Satpol PP dalam Pengamanan Pemilu

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/03/kip-tak-rekomendasikan-satpol-pp-dalam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KIP tak Rekomendasikan Satpol PP dalam Pengamanan Pemilu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KIP tak Rekomendasikan Satpol PP dalam Pengamanan Pemilu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger