Finalis Musabaqah Tahfiz dari Aceh

Written By Unknown on Minggu, 22 Desember 2013 | 16.25

FAYHAQ Ridhallah membawa harum nama Indonesia. Ia menjadi satu-satunya perwakilan Asia pada Musabaqah Tahfiz Quran Antar Bangsa yang diselenggarakan oleh Marzkaz Syaikh Ahmad'Isa Al Ma'sharawy, di Mesir, 20 Desember 2013.

Putra dari pasangan Tgk Aiyub Berdan MA dan Hajar Safwani Sofyan Lc ini, melaju ke grand final bersama sembilan peserta lainnya dari berbagai negara. Mereka dinilai layak untuk bersaing memperoleh meraih predikat terbaik. Pada tahap akhir ini, mereka akan dinilai oleh peserta dunia maya, atau melalui akun Facebook Markaz Syaikh Isa (facebook.com/elmasarawycom).

"Ayah Fayhaq, memohon dukungan dari rakyat Aceh dengan mengklik like atau 'suka' dan membagikan video Fayhaq Ridhallah, untuk mengharumkan nama Aceh di kancah internasional. Batas akhir voting 27 Desember 2013," tulis Tgk Mustafa Husein Woyla, aktivis santri Aceh yang merupakan kolega Tgk Aiyub Berdan, melalui email kepada Serambi, Sabtu (21/12).

Tgk Aiyub Berdan MA yang berasal dari Nisam, Aceh Utara, adalah Dosen Fakultas Adab UIN Ar-Raniry yang sedang menempuh program doktor Bahasa dan Satra Arab di Universitas Liga Arab. Sedangkan istrinya, Hajar Safwani Sofyan (asal Sulawesi) berstatus mahasiswi S2 Al-azhar Universty.

Keduanya menikah pada 2002 di Meuligoe KMA Mesir. Sedangkan Fayhaq lahir Pada 9 Januari 2006, sehingga kebanyakan waktu Fayhaq dihabiskan di Mesir. Ia hanya sempat pulang ke Aceh pada umur 2 tahun, saat sang ayah baru menyelesaikan program Magister. Pasangan ini kemudian kembali lagi ke Mesir pada akhir 2011. Mereka saat ini masih terdaftar sebagai penerima beasiswa dari Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPSDM) Pemerintah Aceh.

Sebagaimana dilansir akun facebook Markaz Syaikh Isa, 10 finalis itu akan bersaing untuk merebut juara pertama. Siapa yang berhasil mendapatkan like dan share video terbanyak, ia akan menjadi juara. Selanjutnya, peserta yang menjadi juara pertama akan mengikuti lomba serupa mewakili Mesir di tingkat Internasional.

"Penyelenggaraannya dijadwalkan pada awal 2014. Sampai saat ini belum ada tempat dan tanggal yang pasti. Masih menurut akun Markaz Syaikh Isa, perlombaan untuk tingkat Internasional akan dilakukan di luar Mesir," tulis Tgk Mustafa Woyla, guru di Dayah Darul Ihsan Abu Kruengkale, Aceh Besar.

Sosok Syaikh Isa
Dalam emailnya kepada Serambi, Tgk Mustafa Woyla menulis, Prof Dr Ahmad 'Isa Al Ma'sharawy merupakan ulama pakar Alquran di Mesir. Syaikh Isa adalah anggota pentashih Alquran di Majma' Buhuts Islami. Pada medio 2013, lembaga yang dipimpin oleh Syaikh Isa dinobatkan sebagai lembaga terbaik untuk pendidikan Alquran. Syaikh Isa juga kerap menjadi dewan hakim perlombaan Alquran tingkat internasional.

Sementara Fayhaq Ridhallah, bisa dikatakan anggota baru di lembaga tersebut. Ia mulai belajar di lembaga tahfiz Alquran yang berada di bilangan Hay Tsamin, Kairo ini bersama adiknya, Farhan, pada Juni 2012. Ia juga mengukir prestasi dengan memperoleh tiga medali berturut-turut sebagai murid terbaik di Orman School, sekolah bertaraf internasional yang dihuni putra putri terbaik seluruh dunia.

Fayhaq yang duduk di kelas dua setingkat Madrasah Ibtidaiyah ini selalu mendapat nilai rata-rata 100 pada setiap kali ujian. Di Orman, putra asal Aceh ini mengambil kelas Bahasa dengan bahasa pengantar Inggris dan bahasa Perancis sebagai penunjang. "Sekolah Orman di Mesir memiliki lebih dari 100 cabang. Orman menawarkan dua kelas untuk tiap tingkatan, kelas Bahasa dan Arabic," kata Tgk Mustafa Woyla.

Kehidupan relegius yang ditanamkan serta lingkungan belajar yang mendukung membuat bocah dengan kulit kuning langsat ini terus bergelimang prestasi. Pembawaannya yang kalem serta serius tak menghambat komunikasi verbalnya dengan anak-anak seusia.

Padatnya kegiatan sekolah dan aktivitas penunjang membuat Fayhaq harus belajar mengatur waktu dengan baik. Dua orang tua yang amat mengasihinya beserta sang adik yang menjadi teman bermain, mendidik Fayhaq untuk teliti dan bertanggung jawab.(nal)


Anda sedang membaca artikel tentang

Finalis Musabaqah Tahfiz dari Aceh

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/12/finalis-musabaqah-tahfiz-dari-aceh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Finalis Musabaqah Tahfiz dari Aceh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Finalis Musabaqah Tahfiz dari Aceh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger