Banyak Guru tak Pernah Ikut Pelatihan

Written By Unknown on Senin, 23 Desember 2013 | 16.24

* Dinas Pendidikan Aceh Usul Rp 100 Miliar

BANDA ACEH - Hampir semua guru PNS di Aceh diketahui tak pernah mengikuti kegiatan pelatihan, baik itu pelatihan guru kelas, bidang studi, atau mata pelajaran ujian nasional. Data Dinas Pendidikan Aceh, jumlahnya mencapai 87,98 - 98,42 persen dari total 71.817 guru PNS.

"Itu merupakan hasil survei yang kita lakukan pada tahun 2012 lalu," kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Anas M Adam, kepada Serambi, Minggu (22/12).

Paling banyak terdapat di Aceh Utara. Dari total jumlah guru, baru sekitar 1,58 persen yang telah mengikuti pelatihan. Artinya, sekitar 98,42 guru di kabupaten tersebut belum pernah mengikuti pelatihan. Posisi selanjutnya menyusul Kabupaten Bireuen dan Aceh Besar. "Banda Aceh juga masih sedikit. Tetapi guru lulusan S1 dan bersertifikat sudah banyak," ujar Anas.

Karena itu, mulai tahun 2014 pihaknya akan menggencarkan kegiatan pelatihan kepada para guru, mulai jenjang PAUD, SD, SMP, sampai SMA dan SMK. Untuk itu, Dinas Pendidikan Aceh mengajukan usulan anggaran sebesar Rp 100 miliar dalam RAPBA 2014.

Kegiatan pelatihan ini akan dilakukan terutama di daerah-daerah yang guru lulusan S1-nya masih sangat sedikit, seperti Simeulue, Nagan Raya, dan Gayo Lues. Diharapkan melalui kegiatan tersebut bisa menaikkan kemampuan kompetensi guru kita di Aceh.

"Target kita, tahun 2014, rangking kompetensi kemampuan guru di Aceh bisa masuk 15 - 10 besar nasional," optimis Anas.

Masalah lainnya seputar pendidikan di Aceh adalah penyebaran guru yang tidak merata. Persentase terendah terdapat di Kota Subulussalam yakni sebesar 13,37 persen, Simeulue (15,86 persen), dan Gayo Lues (16,78 persen).

Padahal, sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Lima Menteri, daerah yang tidak melakukan pemerataan bakal dikenai sanksi.

Sanksi yang diberikan meliputi penghentian sebagian atau seluruh bantuan finansial fungsi pendidikan. Sanksi lainnya adalah menunda usulan formasi pengangkatan guru PNS. "Peraturan ini mulai berlaku sejak 2 Januari 2012 lalu," sebut Anas.(her)


Anda sedang membaca artikel tentang

Banyak Guru tak Pernah Ikut Pelatihan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/12/banyak-guru-tak-pernah-ikut-pelatihan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banyak Guru tak Pernah Ikut Pelatihan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banyak Guru tak Pernah Ikut Pelatihan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger