‘Smong’ Disusulkan Jadi Kosa Kata Dunia

Written By Unknown on Senin, 30 Desember 2013 | 16.24

JAKARTA - Kata 'smong' diusulkan menjadi kosa kata dunia untuk melukiskan peristiwa tsunami. Usulan tersebut disampaikan Ketua Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (PP TIM) DR Surya Darma saat menyampaikan refleksi dalam acara pucak peringatan smong (tsunami) di Mess Aceh, Jakarta, Kamis (26/12) malam.

"Kata smong berasal dari Simeulue sebaiknya dijadikan kosa kata dunia. Selama ini kita menggunakan istilah tsunami, yang berasal dari Jepang," kata Surya Darma.

Malam puncak peringatan  smong tersebut juga berhasil melelang lukisan "perempuan gayo di tangga" karya pelukis asal Takengon, Permadi Lyosta seharga Rp 35 juta dan satu keping compact disk (CD) berisi lagu  smong karya musisi asal Simeulue, Yoppi Smong seharga Rp 25 juta.

Kepala Kantor Perwakilan Aceh Ir Badri Ismail mengatakan, hasil penjualan lukisan akan digunakan untuk membiayai operasi katarak Permadi. "Pak Permadi sekarang tinggal di Lenteng Agung dan penjualan lukisna ini untuk operasi katarak," kata Badri Ismail.

Puncak peringatan smong masyarakat Jakarta diawali dengan zikir dan doa dipimpin ustadz Ihsan Effendi, dan dilanjutkan dnegan pertunjukan seni dari Aceh Kepulauan oleh Yoppi Smong, Aceh Pesisir oleh Dekgam dkk dan Aceh Pegunungan diwakili kelompok musik Gayo Etnik.

Panggung seni juga diisi baca puisi oleh  penyair Aceh Fikar W Eda dan Ketua Dewan Kesenian Aceh Tengah Purnama K Ruslan,  musikalisasi puisi Sanggar Matahari, serta pemutaran film smong.

Dalam bahasa Simeulue smong berarti gulungan ombak besar. Menurut buku "Smong" yang ditulis Yoppi Smong, Pulau Simeulue  pernah dua kali dihantam gulungan ombak raksasa sebagai efek domino dari letusan Gunung Krakatau pada 1833 dan 1907.

"Ketika itu desa hacur dan masyarakat banyak jadi korban. Mereka yang selamat kemudian menutur kisah tragis itu dalam bentuk sastra tutur smong," certita Yoppi.

Sejak itu setiap datang gempa besar dan diikuti laut surut, spontan masyarakat Pulau Simeulue meneriakkan smong dan mencari tempat tinggi. "Pengetahuan itulah yang menyelamatkan masyarakat Simeulue pada gempa dan smong 2004 silam," kata Yoppi.(fik)


Anda sedang membaca artikel tentang

‘Smong’ Disusulkan Jadi Kosa Kata Dunia

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/12/asmonga-disusulkan-jadi-kosa-kata-dunia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

‘Smong’ Disusulkan Jadi Kosa Kata Dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

‘Smong’ Disusulkan Jadi Kosa Kata Dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger