Tim Gabungan Temukan Kosmetik llegal di Lhokseumawe

Written By Unknown on Rabu, 13 November 2013 | 16.25

LHOKSEUMAWE - Tim gabungan Pemko Lhokseumawe menemukan berbagai jenis produk makanan, kosmetik, dan elektronik yang secara aturan ilegal beredar di Indonesia. Barang ilegal tersebut ditemukan saat razia oleh unsur Disperindagkop, Dinas Kesehatan, kepolisian dan Lembaga Perlindungan Konsumen Muslem (LPKM) Aceh ke sejumlah toko di Lhokseumawe dalam dua hari terakhir.

Kepala Disperindagkop Lhokseumawe, Halimuddin, Selasa (12/11) mengatakan, razia akan berlangsung hingga 20 November mendatang. "Hasil razia dalam dua hari ini, dominan yang kita temukan adalah makanan rusak atau kedaluwarsa, kosmetik yang tidak ada Standar Nasional Indonbesia (SNI), dan alat eletronik yang tidak ada bahasa Indonesia," jelasnya.

Sebagian barang ilegal yang telah ditemukan, sebut Halimuddin, untuk makanan dan minum yang rusak seperti buah-buahan kaleng, jagung kaleng merk Del Monte, saos cabe merek ABC, ikan kaleng merek Botan, susu bendera, dan susu Indomilk. Makanan kadaluarsa, antara lain tepung pulet dan coklat Flamboyan. Kosmetik yang tidak resmi dijual di Indonesia, yaitu Colour Fashion Hair Tonik merek Goto. Sedangkan alat elektronik antara lain remote AC dan mesin pemotong rumput yang buku petunjuknya tak menggunakan bahasa Indonesia.

Namun, menurut Halimuddin, barang yang ditemukan tersebut tidak disita, tapi hanya didata saja dan diambil hanya beberapa untuk sampel. "Nanti, pemilik toko akan kita panggil dan kita peringatkan serta beri arahan bagaimana aturan kosmetik atau makanan yang boleh beredar di Indonesia. Sedangkan seluruh barang ilegal yang terdata tidak boleh dijual lagi," ungkapnya.

Menurut Halimuddin, sikap persuasif yang diambil pihaknya karena razia itu bertujuan untuk mensosialisasikan tentang barang yang legal dijual di Indonesia. "Dengan sering razia, kita harapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan pedagang atau konsumen dalam memilih barang yang aman untuk digunakan," pungkasnya.(bah)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tim Gabungan Temukan Kosmetik llegal di Lhokseumawe

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/11/tim-gabungan-temukan-kosmetik-llegal-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tim Gabungan Temukan Kosmetik llegal di Lhokseumawe

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tim Gabungan Temukan Kosmetik llegal di Lhokseumawe

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger