Gubernur Respon Impor via Krueng Geukueh dengan Jalan Tembus

Written By Unknown on Senin, 28 Oktober 2013 | 16.25

Laporan: Yarmen Dinamika | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah menyatakan senang karena status Pelabuhan Umum Krueng Geukueh kini sudah ditingkatkan menjadi pelabuhan impor barang-barang tertentu.

Untuk menyikapi hal itu, Gubernur memprioritaskan peningkatan kualitas jalan dari Aceh Tengah-Bener Meriah, tembus ke Desa Jamuan, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara seterusnya ke Pelabuhan Krueng Geukueh.

Hal itu diungkapkan Gubernur Zaini Abdullah dalam acara jiep kuphi bungoh (coffee morning) dengan elite Serambi Indonesia di Restoran Pendapa Gubernur Aceh, Senin (28/10) pagi.

"Pelabuhan Krueng Geukueh bisa mengimpor 840 item barang-barang tertentu, itu sebuah kemajuan. Tapi kita tidak mungkin mengimpor saja dan membiarkan kapal pengangkut barang pulang dalam keadaan kosong. Kita gunakan kesempatan emas ini untuk ekspor," kata Gubernur Zaini menjawab Serambi.

Untuk ekspor, Gubernur Zaini mengandalkan komoditas kopi dan berbagai hortikultura yang dihasilkan di Aceh Tengah dan Bener Meriah. "Untuk itu, jalan tembus dari Aceh Tengah-Bener Meriah ke arah Krueng Geukueh harus kita prioritaskan tahun depan, sehingga ekspor komoditas kopi dan hortikultura lainnya dari Dataran Tinggi Gayo bisa lebih lancar, tidak terkendala pengangkutannya," kata Zaini.

Ditanya, apakah mungkin mengalihkan jalur kereta api dari Aceh Tengah ke Krueng Geukueh, sebagaimana disarankan Bupati Aceh Tengah Nasaruddin, menurut Gubernur Zaini, itu tidak mungkin direalisasi saat ini.

"Kereta api itu proyek multiyears pusat. Yang sangat mungkin kita realisasi dalam waktu dekat adalah menyelesaikan jalan tembus dan meningkatkan kualitas jalan dari Aceh Tengah ke Krueng Geukueh," kata Zaini Abdullah.

Bukan cuma ruas jalan Aceh Tengah-Krueng Geukueh, tapi juga ada 10 ruas jalan lainnya yg terbagi dalam 14 paket yang akan direalisasi mulai tahun depan untuk menguak keterisoliran Aceh pedalaman.

Ruas-ruas jalan itu terbanyak berada di wilayah tengah dan barat selatan Aceh. Acara jiep kuphi morning itu dihadiri Kepala Bappeda Aceh Prof Dr Abubakar Karim, Kepala Biro Humas Setda Aceh, Nurdin F Joes, dan beberapa pejabat lainnya, termasuk Dr Suraiya IT dan Fakhrul Razi selaku Tim Asistensi Gubernur Aceh. Rombongan dari Serambi dipimpin H Sjamsul Kahar selaku Pimpinan Umum Harian Serambi Indonesia.


Anda sedang membaca artikel tentang

Gubernur Respon Impor via Krueng Geukueh dengan Jalan Tembus

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/gubernur-respon-impor-via-krueng.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gubernur Respon Impor via Krueng Geukueh dengan Jalan Tembus

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gubernur Respon Impor via Krueng Geukueh dengan Jalan Tembus

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger