WN tidak Punya Wewenang Eksekutif

Written By Unknown on Sabtu, 14 September 2013 | 16.25

SELAIN bicara soal bendera Aceh, pakar Hukum Tata Negara Prof Dr Yusril Ihza Mahendra juga menjelaskan tentang kedudukan Lembaga Wali Nanggroe (WN) di Aceh.

Menurut pemahamannya, WN merupakan sebuah entitas dan simbol pemersatu adat dan budaya masyarakat Aceh. Selain itu, Wali Nanggroe yang ditetapkan di Aceh juga tidak memiliki wewenang eksekutif. Hal ini berbeda dengan kewenangan sultan di sejumlah negara bagian di Malaysia.

"Kedudukan Wali Nanggroe lebih pada simbol budaya dan pemersatu masyarakat Aceh yang tidak memiliki wewenang langsung dalam pemerintahan. Wali Nanggroe itu juga tidak struktural. Lembaganya diadakan, karena pertimbangan otonomi khusus Aceh. Tidak ada di tempat lain, hanya ada di Aceh," ujarnya.

Namun, katanya, sebelum dilantik, gubernur terpilih selaku kepala pemerintahan dapat saja mendatangi dengan Wali Nanggroe dalam kapasitasnya selaku tokoh pemersatu, untuk mendapatkan syafaat dan berkah.

Yusril membeberkan bahwa pada awal munculnya wacana akan adanya Lembaga Wali Nanggroe di Aceh, semua pihak yang terlibat membahas item tersebut di Jakarta ketika itu berpikir bahwa yang akan menduduki poisi Wali Nanggroe adalah Teungku Muhammad Hasan di Tiro selaku deklarator Aceh Merdeka.

"Pikiran kami wakti itu saat pembahasan RUUPA ya Teungku Hasan Tiro yang akan menempati tempat itu untuk memberikan penghormatan kepadanya. Nah, setelah dia tiada, apa Aceh masih perlu Wali Nanggroe?"

Yusril menegaskan sosok Wali Nanggroe sebagai pemersatu masyarakat Aceh hendaknya dapat diterima semua elemen masyarakat. Dulu, katanya, ada tokoh sekelas Ali Hasjmy di Aceh yang juga seorang cendikia, ulama, pujangga, dan mantan gubernur Aceh.

"Wali Nanggroe itu tokoh pemersatu dan dapat diterima oleh semua rakyat. Seperti dulu, di Aceh ada Ali Hasyimy," kata Yusril mengenang.

Saat berbincang di Kantor Serambi kemarin, ia juga mengaku pada tahun 1978 saat dibawa Oesman Raliby ke Aceh, ia sempat bertemu Tgk Daud Beureueh, Hasan Saleh, dan tokoh-tokoh Aceh lainnya. Satu hal paling dikenang Yusril yang masih pemuda saat itu adalah saat Tgk Daud Beureueh mengelus-elus kepalanya sambil berucap, "Bantu Aceh ya Nak, bantu Aceh."

Yusril yang akan maju sebagai calon Presiden RI merasa hingga kini memiliki tanggung jawab moral untuk membantu Aceh, karena mendapat "wasiat" langsung dari Daud Beureueh. (sar)

kegiatan yusril di aceh
* Ngopi pagi bareng di warkop Solong, Ulee Kareng
* Kunjungan ke Redaksi Serambi Indonesia
* Menjadi khatib Jumat di Masjid Raya Baiturrahman
* Bertemu pedagang di Pasar Peunayong
* Menjadi imam shalat Ashar di Masjid Baiturrahim Ulee Lheue dan menyantuni yatim piatu korban tsunami
* Membuka Mukerwil III PBB Aceh di Anjong Mon Mata
* Berkunjung ke Kantor DPW PBB Aceh di Jalan T Nyak Makam
* Sabtu (14/9) pagi mengisi kuliah umum di Fakultas Hukum Unsyiah


Anda sedang membaca artikel tentang

WN tidak Punya Wewenang Eksekutif

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/09/wn-tidak-punya-wewenang-eksekutif.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

WN tidak Punya Wewenang Eksekutif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

WN tidak Punya Wewenang Eksekutif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger