Teuku Setia Budi Mundur

Written By Unknown on Sabtu, 27 April 2013 | 16.24


* 10 Nama Calon Sekda Mencuat

BANDA ACEH - Teuku Setia Budi mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, karena alasan ingin istirahat. Isu tentang mundurnya T Setia Budi santer berkembang dalam sepekan terakhir. Namun, baru kemarin siang Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah memastikan bahwa itu bukan isu, melainkan benar adanya.

"Ya benar, kami sudah menerima permohonan surat pengunduran diri Saudara Teuku Setia Budi dari jabatannya sebagai Sekda Aceh," kata Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah kepada Serambi di Hotel The Pade, Aceh Besar. Saat itu Gubernur baru saja selesai memberikan pengarahan kepada Direksi, Komisaris, Deputi, dan Pimpinan Cabang Bank Aceh dalam acara Evaluasi dan Monitoring Kinerja Triwulan I Bank Aceh 2013.

Bukan saja Gubernur, tapi Asisten I Setda Aceh Bidang Pemerintah, Dr Iskandar A Gani juga menyatakan hal senada. "Kami sudah lama mendengar berita bahwa Pak Budi mengajukan surat permohonan mundur dari jabatan Sekda Aceh kepada Pak Gubernur dengan alasan ingin istrahat," ujar Iskandar.

Masa tugas T Setia Budi sebagai Sekda Aceh sebenarnya baru akan berakhir pada 1 November 2013, setelah masa tugasnya sebagai Sekda Aceh diperpanjang Presiden RI satu tahun sejak Oktober 2012.

"Meski surat pengunduran diri Setia Budi dari jabatan Sekda sudah diterima, tapi karena pejabat Sekda Aceh yang baru belum ada, kami harap ia mau membantu melaksanakan tugas-tugas kesekdaan sampai Sekda Aceh yang baru kita lantik," kata Gubernur Zaini.

Menurut Zaini, Pemerintah Aceh akan memproses pemilihan Sekda Aceh yang baru sesuai ketentuan, yaitu PP Nomor 58 Tahun 2009 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Sekda Aceh dan Sekda Kabupaten/Kota.

Untuk menjaring Sekda Aceh yang baru, kata Gubernur Zaini, pihaknya bersikap ekstrahati-hati. Banyak pejabat yang memenuhi persyaratan administrasi untuk dicalonkan menjadi Sekda Aceh. Tapi, sosok Sekda Aceh yang dicari adalah seorang aparatur pemerintahan yang memahami dan sangat teliti mengenai tugas dan fungsi administarasi pemerintahan. "Kecuali itu, integritasnya tinggi, amanah, jujur dan ikhlas bekerja. Untuk mendapatkan sosok Sekda seperti itu, butuh waktu," ujar gubernur.

Sumber-sumber di Pemerintahan Aceh mengungkapkan, setelah T Sedia Budi menyampaikan surat pengunduran diri dari jabatan Sekda Aceh pada medio Maret lalu, beberapa nama calon sekda Aceh mulai mencuat ke permukaan. Di antaranya, Ketua LAN Aceh T Dermawan yang juga mantan Sekda Nagan Raya. Selain itu, mencuat juga nama mantan Sekda Aceh Besar, Zulkifli Ahmad sebagai pengganti Budi.

Masih ada delapan nama lagi yang dukungannya cukup besar untuk bisa meraih kursi Sekda Aceh yang ditinggalkan Setia Budi. Mereka adalah Dr Iskandar A Gani yang sekarang menjabat Asisten I Setda Aceh, Asisten II Ir T Said Mustafa, Asisten III Muzakar, Kepala Bapedalda Aceh Anwar Muhammad, Kepala Kesbangpol Linmas Aceh Bustami Usman, dan Ketua Tim P2K Setda Aceh, Taqwallah, Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh, Iskandar, dan Bakhtiar Ishak, mantan Kadis Pendidikan Aceh.    

Kesepuluh pejabat dan mantan pejabat itu, kata sumber tadi, sudah memenuhi persyaratan adminsitrasi untuk bisa dicalonkan sebagai calon Sekda Aceh. Karena, salah satu persyaratan untuk bisa dicalonkan adalah minimal harus pernah dua kali menjabat eselon II.

Wakil Ketua II DPRA, Sulaiman Abda MSi mengatakan, berdasarkan PP Nomor 58 Tahun 2009 untuk mengangkat sekda memang tidak perlu minta rekomendasi kepada DPRA/DPRK. Tapi, sebelum Sekda Aceh itu diusul kepada Presiden untuk penerbitan SK pengangkatannya, gubernur perlu berkonsultasi dengan DPRA.

Maksud konsultasi ini, kata Sulaiman Abda, supaya gubernur jangan salah pilih dan Sekda Aceh yang baru nanti adalah figur yang bisa bekerja sama dengan DPRA. Soalnya, Sekda akan merangkap sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA).

 Ingin istrahat
Sementara itu, T Setia Budi mengaku, surat permohonan pengunduran diri dari jabatan Sekda Aceh sudah dia ajukan kepada Gubernur Aceh  pertengahan Maret lalu.  Pengunduran diri itu, menurutnya, semata-mata didasarkan pada kebutuhan fisik dan mentalnya yang ingin istrahat dari jabatan, karena sudah merasa lelah.

"Karena kelelahan, membuat kesehatan saya menurun. Konsekuensi dari kita sering sakit adalah tidak bisa melaksanakan tugas dengan maksimal, sehingga membuat jalannya tugas-tugas administrasi Pemerintahan Aceh jadi terganggu. Ini yang saya tidak inginkan, makanya saya ajukan permohonan mundur," demikian Setia Budi. (her)

kandidat sekda

T Dermawan
Zulkifli Ahmad
Iskandar A Gani
T Said Mustafa
Muzakar
Anwar Muhammad
Bustami Usman
Taqwallah
Iskandar
Bakhtiar Ishak


Anda sedang membaca artikel tentang

Teuku Setia Budi Mundur

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/04/teuku-setia-budi-mundur.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Teuku Setia Budi Mundur

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Teuku Setia Budi Mundur

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger