Lima Kecamatan di Singkil Masih Gunakan Air Rawa

Written By Unknown on Minggu, 14 April 2013 | 16.24

Minggu, 14 April 2013 14:56 WIB

SINGKIL - Penduduk di lima kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil dilaporkan hingga sekarang masih menggunakan air rawa untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Kelima kecamatan itu adalah Kecamatan Singkil, Singkil Utara, Gunung Meriah, Simpang Kanan, dan Suro, tidak akan lagi menggukan air rawa untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk mengatasi persoalan air bersih bagi penduduk itu, Bupati Aceh Singkil Safriadi SH mengaku sudah mengusulkan kepada Gubernur Aceh agar dalam tahun 2014 nanti dibangun sarana air bersih yang bersumber dari Lae Muntu. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan sarana air bersih yang airnya diambil dari Sungai Lae Muntu, di Kecamatan Simpang Kanan tersebut mencapai Rp 50 miliar.

"Usulan itu sudah kami sampaikan kepada Gubernur dalam Rakor Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran, agar bisa dianggarakan di APBA tahun 2014," kata Bupati Safriadi kepada Serambi, Kamis (11/4).

Selain penyediaan air bersih, sebut Bupati, Pemkab Aceh Singkil, ia juga telah mengusulkan penuntasan pembangunan jalan dan jembatan Singkil-Bulohseuma, Aceh Selatan pada tahun 2014. Keberadaan jalan itu mendesak segera diselesaikan, agar keterisoliran Aceh Singkil, khususnya kecamatan Kuala Baru dengan wilayah Aceh lainnya segera terbuka.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Aceh Singkil, Muzni menjelaskan, detail engineering design (DED) pembangunan sarana air bersih, segera disusun. Direncanakan akhir 2013 ini  tuntas, agar pada tahun depan pembangunannya bisa dimulai. "Respon bapak Gubernur cukup positif. Untuk air bersih DED-nya sedang disusun akhir tahun ini paling lambat selesai," jelas Muzni.

Bupati Singkil Safriadi, dalam Rakor tersebut sebelumnya juga telah mengusulkan pembangunan kanal sepanjang 12 kilometer dari Desa Lae Mati di Subulusalam hingga Bulohseuma, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan.

"Tadi dalam Rakor saya sudah usulkan kepada Gubernur bahwa untuk pengentasan kemiskinan di Aceh Singkil diperlukan pembangunan kanal. Dan Gubernur setuju rencana pembangunan itu, dan sudah menugaskan Bappeda Aceh membuat perencanaan," kata Safriadi kepada Serambi via ponsel, Rabu (10/4) siang.(c39)


Anda sedang membaca artikel tentang

Lima Kecamatan di Singkil Masih Gunakan Air Rawa

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/04/lima-kecamatan-di-singkil-masih-gunakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lima Kecamatan di Singkil Masih Gunakan Air Rawa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lima Kecamatan di Singkil Masih Gunakan Air Rawa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger