Dua Bupati Minta Jalan Cot Panglima diaspal

Written By Unknown on Senin, 21 Januari 2013 | 16.24

Senin, 21 Januari 2013 14:11 WIB

BANDA ACEH - Bupati Bener Meriah, Ir Ruslan Abdul Gani dan Bupati Aceh Tengah, Ir Nasaruddin, meminta Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Aceh mengusulkan pengaspalan jalan Bireuen-Takengon, tepatnya di Km 25-28 (Cot Panglima) yang badan jalannya sudah dilebarkan dua tahun lalu, tapi sampai akhir tahun 2012 lalu belum ada program pengaspalan.

"Permintaan itu kami sampaikan, karena hampir setiap minggu pada ruas jalan sepanjang 3 Km itu, sering kali truk barang yang akan naik ke Bener Meriah dan Takengon tak mampu mendaki bukit tersebut, terperosok ke pinggir tebing bukit," kata Bupati Aceh Tengah, Ir Nasaruddin kepada Serambi Sabtu (18/1) di ruang kerjanya.

Pada ruas jalan itu, kata Nasaruddin, sering terjadi kemacetan, terutama pada saat musim hujan. Badan jalannya berlumpur. Kondisi ini membuat arus transportasi dari Bireuen ke Bener Meriah maupun Aceh Tenggah sangat terganggu dan macet.

Badan jalannya, memang telah dilebarkan. Tapi, karena belum diaspal, menjadi kendala yang besar bagi truk-truk barang maupun bus penumpang. Terlebih pada saat musim hujan berlumpur. Bahkan, ungkap Kabag Humas Pemkab Aceh Tengah, Windi, pada hari Kamis (17/1) satu unit truk cold dari Bireuen menuju Takengon tak mampu mendaki gunung itu,sehingga menabrak tebing. Ini disebabkan, karena badan jalannya bergelombang dan licin.

Keluhan yang serupa juga dilontarkan Bupati Bener Meriah, Ruslan Abdul Gani. Ruslan mengatakan, badan jalan Cot Panglima itu harus segera diaspal. Dinas BMCK bisa dengan mudah mengusulkan anggaran pengaspalannya kepada Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta.

Sebab, menurut Ruslan, jika badan jalan sepajang 3 Km itu tidak terus diaspal, setelah pekerjaan pelebarannya selesai pada akhir tahun lalu. Kondisi badan jalannya saat ini jadi semakin buruk. Alasannya, pada saat musim hujan jalan itu jadi becek dan licin.

Lapisan batu kerikil dan pasir kasar yang disebar di atas badan jalan oleh kontraktor yang melebarkan badan jalan, pada saat hujan, digerus oleh air yang turun ke jurang.

Kepala Bagian Perencanaan dan Program Dinas BMCK Aceh, Ir Khalidin menjelaskan, menurut laporan dari Kasatker APBN, pada tahun ini untuk ruas jalan Bireuen-Takengon itu, Kementerian PU telah mengalokasikan anggaran pengaspalan. Tapi tambahnya, apakah pengaspalannya sampai pada lokasi Km 25-28 atau tidak itu yang belum jelas. Pemeliharaan dan pembangunan ruas jalan Bireuen-Tekengon, kata  Khalidin, menjadi tanggungjawab Kementerian PU.(her)       


Anda sedang membaca artikel tentang

Dua Bupati Minta Jalan Cot Panglima diaspal

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/01/dua-bupati-minta-jalan-cot-panglima.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua Bupati Minta Jalan Cot Panglima diaspal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua Bupati Minta Jalan Cot Panglima diaspal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger