Polindes Lhok Bani Terbaik di Langsa

Written By Unknown on Selasa, 13 November 2012 | 16.24

Selasa, 13 November 2012 15:02 WIB

* Memperingati HKN ke-48

LANGSA – Apel upacara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-48, Senin (12/11) di gelar di di Lapangan Merdeka Kota Langsa. Bertindak sebagai inspektur upacara Sekdakot Langsa, M Syahril SH MAp. Dalam kesempatan itu juga diumumkan, Polindes Lhok Bani terpilih yang terbaik. Sedangkan pemilihan bidan terbaik diraih Dewi Suryaningsih, warga Lengkong.

Upacara HKN ke-48 dimulai pukul 08.30 WIB dan berhakhir pukul 10.00 WIB siang, diikuti para PNS dijajaran Dinas Kesehatan (Dinkes), mahasiswa bidang kesehatan dari sejumlah Perguruan Tinggi (PT), murid Sekolah Dasar (SD), dan pelajar SMP, serta lainnya. Usai upacara, Sekdakot mewakil Wali Kota Langsa membuka selubung baliho raksasa di sudut lapangan yang bertuliskan, 'Bebaskan Kota Langsa dari Sarang Nyamuk DBD.'

Selanjutnya puluhan mahasiswa dan pelajar SMP membagi-bagikan striker ajakan memberantas sarang nyamuk DBD kepada amsyarakat yang melintas di jalan protokol Langsa. Dalam kesempatan itu Pemko Langsa juga mengumumkan nama-nama bidan dan Polindes terbaik Kota Langsa tahun 2012.

Sekdakot Langsa saat membacakan amanat Menteri Kesehatan RI, dr Nafsiah Mboi SpA MPH mengatakan, selain berbagai kemajuan dalam pembangunan kesehatan, saat ini kita sedang menghadapi tantangan baru yaitu meningkatnya masalah penyakit tidak menular. Data Riskesdas tahun 2102 menunjukan 59 kematian di Indonesia disebabkan penyakit tidak menular, yang membutuhkan biaya pengobatan yang sangat besar. Seperti penyakit stroke, kanker, diabetes, gagal ginjal, dan penyakit jantung.

Penyakit tidak menular ini dapat dicegah dengan gaya hidup sehat yaitu pela makan gizi berimbangm memantau berat badan secara teratur, melakukan olahraga teratur, dan mengendalikan stres, serta tidak merakok. Disamping itu pemerintah berupaya meningkatkan akses masyarakayt terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu, dan menitik beratkan upaya preventif, dengan tetap memperhatikan upaya-upaya kuratif-rehabilitatif.

Dalam kesempatan itu, Kadis Kesahatan Langsa, dr Syarbaini, mengatakan HKN kali ini menjadikan setiap rumah bebas jentik nyamuk DBD. Secara nyata DBD menjadi masalah kesehatan yang serius, karena angka kesakitan DBD peda kelompok umur melebihi 20/100.000 penduduk, dengan angka kematian di atas 1 persen.

Melalui pencanangan Kota Langsa bebas dari sarang nyamuk DBD, Pemerintah setempat mengajak warga Kota Langsa untuk peduli dan sadar melakukan pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) diawali dari rumah mereka masing-masing. Untuk terus menekan penyebaran penyakit DBD ini, setiap sepekan sekali pada hari Jumat, petugas Dinkes akan menyebarkan informasi baik melalui sarana striker dan lainnya, tentang pencegahan dan pemberantasan penyakit dan nyamuk DBD.(c42)


Anda sedang membaca artikel tentang

Polindes Lhok Bani Terbaik di Langsa

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2012/11/polindes-lhok-bani-terbaik-di-langsa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Polindes Lhok Bani Terbaik di Langsa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Polindes Lhok Bani Terbaik di Langsa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger